Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Puasa Senin Kamis efektif turunkan berat badan dan cegah serangan jantung
Ilustrasi puasa Senin dan Kamis
HEADLINE

Puasa Senin Kamis efektif turunkan berat badan dan cegah serangan jantung 

LENSAINDONESIA.COM: Sebuah penelitian University of Surrey, Inggris, menyoroti puasa Senin dan Kamis sebagai salah satu cara menurunkan berat badan yang dinamakan diet 2:5.

Artinya ada 2 hari dalam seminggu (7 hari) dimana siapapun yang diet harus menahan makan dan minum layaknya puasa Senin dan Kamis. Hal ini sangat mirip dengan yang dijalani umat Islam saat berpuasa sunah Senin dan Kamis.

Peneliti University of Surrey, Inggris, menganalisis 27 peserta yang mengalani obesitas. Responden dibagi dalam dua kelompok dengan target 5 persen penurunan berat badan.

Kelompok pertama diminta melakukan diet 2:5 yang mekanismenya sama dengan puasa Senin dan Kamis, sedangkan kelompok kedua hanya diminta melakukan pembatasan hingga 600 kalori.

Hasil penelitian menunjukkan, kelompok yang menjalani diet 2:5 ternyata mampu menurunkan berat badan hingga 5 persen dalam kurun 59 hari. Sedangkan kelompok kedua baru mampu bisa mencapai setelah 73 hari.

Yang mengejutkan, selain sangat efektif menurunkan berat badan, diet 2:5 yang mirip puasa sunah Senin dan Kamis ini membuat responden mengalami penurunan kadar lemak dalam darah. Tak hanya itu, tekanan darah sistolik responden juga berkurang hingga 9 persen.

“Responden yang menjalani diet 2:5 mengalami penurunan tekanan darah sistolik yang artinya bisa mengurangi resiko serangan jantung dan stroke,” ujar Peneliti utama University of Surrey, Rona Antoni. @LI-15

Baca Juga:  Pengunjung Diskotek Triple X bentrok, 1 tewas, 3 kritis