Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Ditahan di Rutan Guntur, cawali Kota Malang malah tersenyum
HEADLINE

Ditahan di Rutan Guntur, cawali Kota Malang malah tersenyum 

LENSAINDONESIA.COM: Wali Kota Malang nonaktif HM Anton (MA) dan enam anggota DPRD Kota Malang, resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Selasa (27/3/2018) malam. Bersama Anton, calon wali kota Malang Ya’qud Ananda Gudban (YAB) juga ditahan.

Keduanya langsung dibawa ke rumah tahanan. Jika Ya’qud dibawa ke Rutan Pondok Bambu, maka Anton yang juga calon petahana dibawa ke Rutan Pondok Bambu.

Saat keluar dari gedung KPK, Anton sudah mengenakan rompi oranye, tanda jadi tahanan. Dia tersenyum saat kamera wartawan menyorot wajahnya.

Dia berkomentar, “Ikuti saja prosedur hukum,” katanya saat diwawancarai wartawan.

Jubir KPK Febri Diansyah menjelaskan bahwa penahanan terhadap tujuh tersangka itu selama 20 hari kedepan. Tujuannya kata dia untuk mempermudah penyidikan terhadap  para tersangka kasus dugaan suap pembahasan APBD-P Kota Malang tahun 2015.

“Makanya terhitung mulai hari ini penyidik KPK melakukan upaya hukum penahanan terhadap tujuh tersangka,” ujar Febri Diansyah yang doamini Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa melalui pesan WhatsApp.

Selain dua cawali Kota Malang, lima anggota dewan lainnya yang juga ditahan adalah Heri Pudji Utami (Ketua Fraksi PPP-Nasdem), Sukarno (Ketua Fraksi Golkar), dan Hery Subiantono (Ketua Fraksi Demokrat). Selain itu Wakil Ketua DPRD Kota Malang Rahayu Sugiarti dan anggota dewan Abd Rachman.

Para tersangka itu kata dia, ditahan di lima rumah tahanan berbeda, Tersangka Rahayu Sugiarti ditahan di Rutan Klas 1 Jakarta Timur cabang KPK. Tersangka Heri Pudji Utami dan YAB di Rutan Klas IIA Jakarta Timur (Pondok Bambu).

Hery Subiantono dan Sukarno di Rutan Polres Jakarta Timur. Abdurahman di Rutan Polres Jakarta Selatan. “Sedangkan, MA (Walikota Malang periode 2013-2018) ditahan di Rutan Klas 1 Jakarta Timur cabang KPK yang berlokasi di Pomdam Jaya Guntur,” jelasnya.@aji