Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Soal Pilpres 2019, begini jawaban Jokowi
HEADLINE

Soal Pilpres 2019, begini jawaban Jokowi 

LENSAINDONESIA.COM: Tahun 2018-2019 mendapat atensi khusus dari Presiden Joko Widodo. Sebab tahun ini merupakan tahun politik. Makanya dia berpesan agar menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan.  

Pesan tersebut disampaikan saat menyerahkan 5.153 sertifikat pada warga Malang Raya -Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu- di GOR Ken Arok, Kota Malang, Rabu (28/3/2018).

“Saya titip yang di daerahnya ada pemilihan wali kota, bupati, Gubernur, presiden. Pilihlah pemimpin yang paling baik menurut saudara-saudara sekalian,” pinta Jokowi di hadapan ribuan warga Malang Raya.

Menurut dia, pemilihan pemimpin sebagai pesta demokrasi itu jangan sampai membuat perpecahan. Setelah selesai kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini, berangkulan kembali.

Dijelaskan dia bahwa Indonesia merupakan negara besar. “Kita harus menyadari hal itu,” tandas mantan Wali Kota Solo ini.

Jokowi mengatakan bila kebesaran negara Indonesia harus dijaga. Sebab, Indonesia memiliki 17 ribu pulau, 514 kota/kabupaten, 34 propinsi.

Selain itu, Indonesia kata dia, merupakan negara yang beraneka ragam. Memiliki 714 suku, agama yang berbeda dan bahasa daerah yang yang beragam.

“Alhamdulillah (meskipun beraneka ragam) kita tetap bersatu dan  rukun. Marilah kita bersama-sama menjaga kerukunan dan persatuan itu,” kata dia.  

Menurut dia, keanekaragaman itu merupakan anugerah Allah SWT yang harus terus dijaga. Singapura saja, kata dia, hanya empat suku.

Sedangkan Afganistan, lanjut Jokowi, hanya memiliki tujuh suku. “Ada dua suku yang perang terus hingga 40 tahun. Itu hanya tujuh suku,” tutur dia.

Sedangkan Indonesia, tegas dia, 714 suku. Dan alhamdulillah kata dia, semuanya bisa menjaga kerukunan dan persatuan dan kesatuan.  

Menurut dia, terciptanya kerukunan itu karena Indonesia memiliki Pancasila. Karena itu dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengamalkan Pancasila itu. Sehingga kerukunan, persatuan dan kesatuan tetap terjaga dengan baik. @aji