LENSAINDONESIA.COM: Tim putri Jakarta Pertamina Energi  (JPE) memastikan sapu bersih putaran pertama Final Four  Proliga Bolavoli 2018. Kepastian itu diraih setelah melibas Bandung Bank BJB Pakuan 3-1 di GOR Ken Arok Malang, Minggu (1/4/2018).

Sebelumnya, tim besutan pelatih M Anshori ini sukses menghempaskan Jakarta PGN Popsivo 3-0 (25-23, 25-29, 25-20). Selain itu pada hari kedua membekuk  Jakarta Elektrik PLN 3-1 (22-25, 25-18, 25-17, 25-17).

Sedangkan pada hari terakhir, Novia Andriyanti sukses menekuk SN Sugandi dkk dari  Bandung Bank BJB 3-1 (25-22, 19-25, 25-15, 25-19). Kesuksesan itu tak lepas dari kerja keras tim besutan M Anshori ini.

Sejak set pertama, Novia Andriyanti dkk sudah all out. Sehingga meraih kemenangan. Hanya saja pada set kedua, tim BJB  besutan Octavian tak mau mengalah begitu saja. Hasilnya BJB mampu meraih kemenangan setelah kedua.

Memasuki set ketiga, BJB kewalahan. Sebab, motor penyerang mereka, SN Sugandi mengalami cendera engkel.

Praktis perlawanan mereka terhadap JPE melemah. Mental pemain BJB drop. Sehingga set ketiga dan keempat dibabat habis oleh JPE.

Pelatih JPE,  M Anshori mengaku lega dengan kemenangan tersebut. “Alhamdulillah kami lega. Sebab bisa sapu bersih poin di putaran pertama ini,” kata dia yang diamini Novia Andriyanti.

Dijelaskan dia bila keberhasilan sapu bersih itu akan memudahkan langkahnya menuju grand final di Yogyakarta. Sebab, pada putaran kedua final four di Solo tidak berarti.

“Kami cukup ambil satu kali menang virus sudah cukup. Kami sudah bisa mempersiapkan lebih matang untuk grand final di Yogyakarta,” katanya.

Sementara itu, pelatih BJB Octavian tidak putus asa.  Menurut dia meski kalah atas JPE masih ada putaran kedua.

Menyinggung kekalahan  yang dialami tim besutannya diakui karena beberapa pemain kuncinya mengalami cidera. Disebutkan seperti Wilda SN Sugandi, Shella Bernadetha dan  Aprilia S Manganang.

“Saat set kedua tadi kami bisa menang. Tapi setelah ketiga April cidera. Sehingga set ketiga dan keempat lepas,” papar dia.

Meski begitu dia akan mempersiapkan secara khusus pada putaran kedua. Dia juga berharap beberapa pemainnya yang cidera bisa pulih. “Kalau tidak terpaksa harus siapkan penggantinya,” pungkasnya. @aji