LENSAINDONESIA.COM: Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) digadang-gadang maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Ditanya apakah dirinya maju jadi Capres atau Cawapres, AHY menjelaskan panjang lebar.

Terlebih, Partai Demokrat secara gamblang menempatkan posisi AHY sebagai calon pemimpin baru penerus kepemimpinan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tak lain adalah ayah kandungnya.

“Setiap orang pasti punya mimpi terbaik untuk dirinya, negaranya. Saya termasuk orang mau mempersiapkan diri untuk menjadi putra terbaik bangsa. Saya pikir sah punya pemikiran seperti itu, tapi terbaik bukan berarti harus ada di jabatan politik, seperti Capres Cawapres,” kata AHY ditemui LICOM di Surabaya, Minggu (01/04/2018) sore.

Meski begitu, AHY yang menjabat Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pilkada 2018 dan Pilpres 2019 Partai Demokrat ini tak memungkiri bahwa suara masyarakat dan sejumlah survei yang ada menyebut dirinya layak maju jadi Capres.

“Saya enggak mau berandai-andai terlalu jauh, namun ketika orang punya ekspektasi seperti itu (maju Capres), ya kita amini. Itu doa baik. Kalau harapan itu genuine (asli) dari rakyat, lahir dari hati dan pikirannya kita patut apresiasi,” cetusnya.

Namun yang pasti, fokus dirinya saat ini adalah membesarkan Partai Demokrat menjelang Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. ”
Saya tidak boleh kemrungsung, kalau kata orang Jawa. Tidak boleh saya kehilangan arah tujuan awal yang telah ditetapkan, yakni kemenangan suara Partai Demokrat. Untuk presiden threshold kan syaratnya mengantongi 20 persen suara, sedangkan yang ada baru 10 persen. Dan 10 persen lagi harus kami cari,” tegas AHY.

Dalam rangka mendulang suara tersebut, Partai Demokrat bersama AHY saat ini sedang melakukan safari politik. Setelah ke Jawa Barat, Demokrat kali ini sambang ke Jawa Timur.

Selama satu minggu ke depan AHY yang didampingi ayah ibunya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ani Yudhoyono serta adiknya yang merupakan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono akan berkeliling ke 17 kabupaten/kota di Jatim.

Dalam kunjungan pertamanya diwali ke Kabupaten Jombang ikut serta dalam pawai akbar pasangan Cagub-Cawagub nomor urut 1 di Pilgub Jatim 2018 Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.@sarifa