Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Setiajit bakal kembangkan potensi wisata Air Terjun  Tretes Pangajaran Jombang
Rombongan Pjs Bupati Jombang, Setiajit saat mengunjungi Air Terjun Tretes Pangajaran di Kecamatan Wonosalam, Sabtu (24/03/2018) lalu. FOTO: pemkab jombang
Adv-News

Setiajit bakal kembangkan potensi wisata Air Terjun Tretes Pangajaran Jombang 

LENSAINDONESIA.COM: Keindahan panorama alam Wonosalam menarik minat Pjs Bupati Jombang, Setiajit untuk mengembangkan kawasan tersebut sebagai eco wisata.

Salah satu obyek yang memiliki potensi menjadi destinasi wisata ialah Air Terjun Tretes Pangajaran.

Setiajit mengaku sangat takjub dengan keindahan air terjun yang terletak di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo tersebut saat dirinya berkunjung ke lokasi itu bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Jombang pada Sabtu (24/03/2018) lalu.

Ikut pula dalam rombongan ini dintaranya Dandim 0814/Jombang, Wakapolres Jombang bersama jajaran Kodim dan Polres Jombang.

Menurut Setiajit, Air Terjun Tretes Pengajaran sangat mempesona.

Air terjun setinggi kurang lebih 158 meter yang berada di 1.250 meter di atas permukaan laut  (DPL) ini terletak di lokasi tersembunyi di tengah hutan yang masih alami. Tepatnya di  di Gunung Juruk Guah, Dusun Pengajaran, Desa Galeng Dowo, Kecamatan Wonosalam. Kawasan ini masuk dalam komplek Gunung Anjasmoro.

Air Terjun Tretes Pengajaran ini disebut menjadi air terjun tertinggi di Jawa Timur.

Sebenarnya air terjun ini sudah lama menjadi tujuan banyak wisatawan. Namun sayang, karena kurang mendapat perhatian serius sehingga akses untuk menuju lokasi air terjun sangat sulit.

Untuk sampai di air terjun, rombongan harus berjalan kaki dari Pos Tahura R.Soeryo.

Karena itu, rombongan Setiajit menjangkau lokasi dengan menggunakan motor jenis trill sampai Pos UPT Tahura R Soeryo. Selanjutnya untuk menuju air terjun harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1,5 KM.

Sesampainya di Air Terjun Tretes Pangeran yang elok dan alam, Setiajit sangat terkesan melihat keindahan alam yang seakan bersembunyi ditengah hutan ini. Begitu juga rombongan lainnya tak henti mengekspresikan ketakjubannya.

Besarnya potensi inilah yang menjadi membuat Setiajit berkeinginan mengembangkan kawasan wisata di Wonosalam, utamanya Air Terjun Tretes Pangajaran.

Baca Juga:  Aneh, Whisnu Sakti tak diundang Fit and Proper Test Bacawali Surabaya

“Jombang memang luar biasa. Harusnya (potensi wisata) ini yang dijual. Jombang memiliki alam yang tidak ada duanya di negeri yang kita cintai ini. Semoga dengan wisata ini Jombang makin terkenal di dunia,” ujar Setiajit saat menikmati suasana segar di bawah jatuhnya air.

Bagaimana rencana kedepan untuk mengembangkan wisata alam ini?

Setiajit membeberkan bahwa secara kebetulan Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga akan mengembangkan wisata alam baru. “Nah secara kebetulan wisata alam di Wonosalam juga termasuk industri wisata,” bebernya.

Kalau sudah seperti ini,  lanjut dia, biasanya gandeng dengan Trade Tourism Invesment, oleh sebab itu kedepan Pemda Jombang harus menyiapkan produk produk apa yang disiapkan untuk pasar global.

Kalau air terjun ini dikembangkan untuk wisata alam, Setiajit percaya kawasan ini akan menjadi daerah wisata yang cukup cantik dan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara.

“Bisa jadi air terjun ini bukan hanya yang terbagus di Indonesia bahkan dunia, karena ini adalah anugerah yang diberikan Tuhan untuk Kabupaten Jombang,” kata pria yang juga menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja Jatim ini penuh optimis.

Menurut Setiajit, cara pembangunan untuk mengembangkan wisata alam ini tidak bisa secara langsung namun harus bertahap. Karena untuk sampai lokasi air terjun penuh tantangan.

Untuk perbaikan jalan menuju wisata tersebut akan dilebarkan dengan karya bhakti TNI dan dibantu dari provinsi. “Selain itu untuk menuju air terjun harus jalan kaki dan nanti bisa dibuat tangga menuju wisata, kelihatan asli dan bagus,” pungkasnya.@adv/obi