Peresmian Gedung Fire Station dan HSSE Demo Room berlokasi di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah, Senin (16/04/2018). Foto-ist 
Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: PT Pertamina EP Asset 4 Cepu Field menerapkan HSSE (Health Safety Security Environment) dengan meresmikan Gedung Fire Station dan HSSE Demo Room berlokasi di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah, Senin (16/04/2018).

Peresmian tersebut dihadiri President Director PT Pertamina EP Nanang Abdul Manaf, SVP HSSE PT Pertamina (Persero) yang diwakili Ida Bagus, VP HSSE Upstream PT Pertamina (Persero) Nepos Pakpahan, Perwakilan Kepala Divisi Operasi dan Keselamatan Migas SKKMigas Kosario, VP  HSSE PT Pertamina EP Heri Budiarso, beserta manajemen PT Pertamina EP lainnya.

“Ini merupakan bentuk komitmen PT Pertamina EP terhadap safety operation, diresmikannya gedung Fire Station dan Demo Room HSSE Asset 4 di Cepu ini menunjukkan komitmen terhadap penerapan aspek HSSE secara utuh”, ujar  Nanang Abdul Manaf.

Nanang menambahkan, HSSE Golden Rules menurutnya harus terus diterapkan di setiap lini operasi agr tercipta selamat, sehat dan aman saat menjalankan pekerjaan.

“Jadikanlah ini menjadi titik balik kita, jika mematuhi HSSE dalam bekerja ini bukan sekadar mematuhi peraturan, namun lebih dari itu, mari jadikan ini sebagai niat untuk bekerja aman, sehat, selamat dan bisa berkumpul kembali bersama keluarga”, himbau Nanang.

Sementara itu, Nepos Pakpahan, VP HSSE Upstream PT Pertamina (Persero) menyampaikan, guna mewujudkan HSSE Beyond Culture memerlukan upaya besar khususnya dari sisi People, sebab untuk menjadikan HSSE Beyond Culture berawal dari People yang memahami dan peduli terhadap HSSE.

“Ini merupakan momen terbaik dari PT Pertamina (Persero) karena seluruh elemen mulai dari Presiden Direktur Middle Managemen hingga level pekerja dan mitra hadir dan concern terhadap aspek HSSE”, tandas Nepos Pakpahan.

Mewakili Kepala Divisi Operasi & Keselamatan Migas SKKMigas, Kosario juga mengutarakan, PT Pertamina EP kini tengah berevolusi menjadi semakin baik terutama di sektor HSSE.

“Harapan kami adanya Gedung Fire Station dan HSSE Demo Room ini selain meningkatkan pemahaman terkait HSSE untuk internal PT Pertamina EP, juga bisa dimanfaatkan masyarakat dan institusi pendidikan sebab sesuai arahan Pemerintah terkait HSSE yakni Andal, Aman, Akrab Lingkungan, Efektif dan Efisien”, tegas Kosario.

Senada yang disampaikan Asset 4 General Manager, Agus Amperianto yang menyampaikan pada peresmian Fire Station ini sebagai bentuk HSSE Beyond Culture yang ada dan menjadi bagian dari operasi PT Pertamina EP Asset 4 Cepu Field.

“Dari aspek Health, gedung ini ada sarana pusat kebugaran untuk menjaga para pekerja dan mitra di Asset 4 terutama Cepu Field secara rutin menjaga kesehatan dan kebugaran untk mendukung performa dalam bekerja”, paparnya.

Dari aspek Safety, lanjut Agus, adanya fasilitas dan peralatan penunjang yang mutakhir di sini mendukung terciptanya situasi kerja yang aman.

Dari sisi Security, PT Pertamina EP Asset 4 Cepu Field sudah menjalin kerjasama dengan aparat kepolisian Polres Bojonegoro dengan membangun sistem C-Track yang memungkinkan untuk memonitor kondisi keamanan di lingkungan operasi PT Pertamina EP baik di Bojonegoro, Blora dan Tuban.

“Last but not least, aspek Environment, aspek ini bermaksud agar gedung yang baru ini juga disiapkan lokasi ruang terbuka hijau yang terintegrasi dengan program lingkungan perusahaan agar seluruh lapisan pekerja dan mitra PT Pertamina EP Asset 4 Cepu Field tumbuh kepeduliannya terhadap lingkungan”, pungkas Agus.@Rel-Licom