Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Dilaporkan ke Polisi, Komisioner KPU Hasyim Asy’ari siap hadapi tuduhan PKPI
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari. (foto: istimewa)
Hukum

Dilaporkan ke Polisi, Komisioner KPU Hasyim Asy’ari siap hadapi tuduhan PKPI 

LENSAINDONESIA.COM: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menanggapi pelaporan atas dirinya oleh Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ke Polda Metro Jaya atas tuduhan dugaan pencemaran nama baik.

Hasyim menegaskan bahwa dirinya akan menghadapi dan bertanggung jawab sebagai anggota KPU RI. “Terhadap pelaporan Sekjen PKPI terhadap saya ke Polda Metro Jaya, akan saya hadapi,” ujar Hasyim Asy’ari kepada wartawan, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Laporan tersebut dinilai Hasyim, sebagai sebuah konsekuensi atas jabatan yang diembannya sebagai Komisioner KPU. “Ini resiko jabatan, saya bertanggung terhadap ucapan dan tindakan saya sebagai anggota KPU,” kata Hasyim.

Sementara, Ketua KPU Arief Budiman menyatakan bahwa apa yang disampaikan oleh Komisioner KPU Hasyim Asyari merupakan pernyataan atas nama lembaga. Dirinya pun menyeruhkan agar anggota KPU ditinggkat provinsi, kabupaten dan kota tetap tenang dan solid dalam menghadapi masalah tersebut.

“Yang disampaikan Hasyim adalah pernyataan yang disampaikan KPU sebagai lembaga,” ujar Arief dalam pesan singkat elektronik.

“Saya menyerukan kepada KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk tetap tenang menyikapi masalah ini, tetap solid dan kuat menjaga kebersamaan,” sambung Arief.

Diketahui sebelumnya, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) melaporkan komisioner KPU, Hasyim Asyari ke Polda Metro Jaya terkait tuduhan pencemaran nama baik. Hasyim dipolisikan gara-gara pernyataannya soal rencana upaya hukum Peninjauan Kembali (PK) KPU terhadap putusan PTUN PKPI.

“Terlapor memberikan pernyataan kepada media isinya adalah bahwa KPU mempertimbangkan untuk melakukan upaya peninjauan kembali dengan novum yang akan dia dapatkan,” kata pelapor yang juga kuasa hukum PKPI, Reinhard Halomoan, Senin (16/4/2018).

Laporan tertuang dengan nomor TBL/2088/IV/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 16 April 2018. Terlapor dalam kasus ini adalah Hasyim Asyari.

Baca Juga:  Aneh, Whisnu Sakti tak diundang Fit and Proper Test Bacawali Surabaya

Reinhard menjelaskan pernyataan Hasyim itu telah melukai kader PKPI. Dia menyebut PKPI dirugikan atas informasi yang disampaikan Hasyim.@licom