Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kendrick Lamar jadi rapper pertama yang memenangkan Pulitzer
Kendrick Lamar jadi rapper pertama yang memenangkan Pulitzer. (ISTIMEWA)
Art & Culture

Kendrick Lamar jadi rapper pertama yang memenangkan Pulitzer 

LENSAINDONESIA.COM: Rapper Kendrick Lamar menjadi selebriti pertama yang memenangkan hadiah Pulitzer di bidang musik. Capaiannya mendobrak tradisi sebelumnya dimana penerima penghargaan ini berasal dari genre klasik atau jazz.

Pria 30 tahun itu menang berkat albumnya “DAMN” dan mencatatkan artis rapper pertama dalam 100 tahun sejarah Pulitzer. Pemenang musik Pulitzer sebelumnya termasuk musisi jazz Wynton Marsalis dan Ornette Coleman, dikutip dari Reuters.

Musik fussion Lamar menggabungkan jazz, puisi dan blues dengan tema sosial dan lagu cinta menjadikannya salah satu dari rapper inovatif di jamannya.

“DAMN” juga tercatat sebagai album dengan penjualan terbaik 2017 versi Billboard. Dewan Pulitzer memuji album Lamar yang dirilis April 2017 sebagai “koleksi lagu virtuoso yang disatukan oleh keaslian vernakular dan dinamisasi ritmik yang menawarkan stketsa berpengaruh yang menangkap kompleksitas kehidupan Afrika-Amerika modern.”

Album keempat Lamar ini berisi mengenai agama, cinta, perjuangan dan politik rasial yang memuncaki Billboard 200 selama 3 pekan sejak dirilis tahun lalu dan memenangkan lima penghargaan dalam Grammy Awards di New York pada Januari lalu.

Sayangnya, ia gagal memenangkan album terbaik Grammy. Hanya ada dua album hip-hop yang pernah memenangkan album terbaik Grammy yaitu Lauryn Hill lewat “The Miseducation of Lauryn Hill” pada 1999 serta Outkast lewat albumnya “Speakerboxxx/The Love Below” pada tahun 2004.

Baca Juga:  Hari ini, tim sepakbola Jatim hadapi Kalsel di kualifikasi Pra PON XX