LENSAINDONESIA.COM: Hari kedua pelunasan BPIH di Kabupaten Jombang masih terlihat sepi.

Abdul Haris, Kepala Kemenag Kabupaten Jombang kepada lensaindonesia. com menjelaskan belum ada kendala di soal pelunasan BPIH. Untuk pelunasannya sendiri ada dua tahap yakni pertama tanggal 16 April-04 Mei, dan Kedua tanggal 16-25 Mei.

Haris menjelaskan bahwa pelunasan tahap pertama yakni tanggal 16 April sampai 04 Mei merupakan pelunasan yang diperuntukkan bagi calon jamaah yang telah melakukan pelunasan BPIH tahun 1438H/2017M atau tahun sebelumnya gagal berangkat atau yang menunda keberangkatan karena sesuatu hal, selanjutnya ialah jamaah yang mempunyai porsi tahun ini (2018).

Kemudian untuk tahap kedua, ia melanjutkan bahwa peruntukannya kepada mereka yang gagal sistem di tahap pertama, kedua untuk mereka yang mengajukan prioritas percepatan usia lanjut dan untuk mereka yang menggabung untuk berpasangan suami-istri(mendampingi atau pendampingan) dengan catatan daftar sebelum 01 Januari 2015 tahun ke bawah. Dan ketiga mereka yang tahap pertama ada kendala kesehatan dan faktor geografis (wilayah yang sulit dijangkau/dihubungi).

Jombang mempunyai 1011 porsi yang akan diberangkatkan melalui embarkasi Surabaya dengan total pelunasan Rp 36.091.845. Jika sampai batas akhir belum melakukan pelunasan, maka secara otomatis sistem akan menggugurkan dengan mengosongkan dan dikembalikan dengan mengganti nomor antrian berikutnya yang muncul pada sistem itu.

“Sejauh ini kita belum memantau, saya meyakini kemarin masih sepi, karena memang informasi baru diperoleh, namun untuk hari ini saya kira jamaah sudah banyak yang melunasi di masing-masing BPS BPIH, ” Ungkapnya.

Diketahui, pelunasan BPIH dilakukan di BPS BPIH sesuai tempat mendaftar atau BPS BPIH pengganti (bagi nasabah eks BPIH) di kabupaten/kota. Jemaah Haji selanjutnya melakukan pelunasan BPIH reguler sebesar selisih kekurangan antara besaran BPIH reguler dengan jumlah setoran awal BPIH dengan terlebih dahulu menunjukkan bukti asli setoran awal BPIH lembar pertama pada petugas BPS BPIH.

Jemaah Haji yang telah melakukan pelunasan BPIH reguler, mendapatkan bukti setoran lunas BPIH yang dicetak dari aplikasi Siskohat, buku manasik haji, seragam batik, dan untuk pria mendapatkan kain ihram dan wanita mendapatkan mukenah; Jemaah Haji yang telah melakukan pelunasan, harus melaporkan diri dengan membawa bukti setoran pelunasan BPIH reguler ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. Obi