Hasil karya desainer Mira Indria curi perhatian dan decak kabum pada the 3rd Global Fashion Week di Budapest – Hongaria. (KBRI Budapest)
Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Kebaya kontemporer hasil karya desainer Mira Indria curi perhatian dan decak kabum pada the 3rd Global Fashion Week di Budapest – Hongaria pada tanggal 13 April lalu. Kebaya-kebaya kontemporer hasil karyanya melenggang cantik diiringi lagu ”Cintaku” dari Chrisye, tak pelak, riuh tepuk tangan penonton bergema pada kegiatan fashion show tahunan tersebut.

Sesuai tema Global Fashion Week tahun ini yaitu Sustainable Fashion, rancangan busana khas Indonesia karya Mira Indria dibuat spesial dari bahan-bahan ramah lingkungan. Busana Mira juga mendapatkan apresiasi tinggi dari para pegiat dunia mode karena busana tersebut dalam pembuatannya melibatkan para disabilities/penyandang cacat.

Duta Besar RI untuk Hongaria, Y.M. Ibu Wening Esthyprobo yang mewakili Mira Indria dalam wawancaranya oleh salah satu TV Nasional Hongaria, menjelaskan bahwa partisipasi Indonesia dalam acara yang diselenggarakan oleh National Fashion League Hungary Association (NFLH) membuktikan bahwa para perancang busana Indonesia diakui oleh dunia mode international. Busana rancangan desainer Indonesia tidak kalah bersaing dengan rancangan para desainer dunia lainnya..

Kegiatan Global Sustainable Fashion Week yang berlangsung mulai tanggal 11 – 13 April 2018 tersebut sangat unik, karena mengutamakan sustainabilitas dan bagaimana produk busana dapat membantu lingkungan sekitar, bahkan pada fashion show malam itu terdapat pula model-model penyandang disabilitas yang memamerkan karya desainer-desainer kawakan Hongaria.

The 3rd Global Sustainable Fashion Week menggabungkan beberapa kegiatan antara lain konferensi international, pameran dan peragaan busana in the field of sustainable dan ethical fashion.

Duta Besar RI mewakili Indonesia juga menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan konferensi internasional dengan mengetengahkan tema pentingnya peran serta kaum disabled dalam produksi tekstil yang ramah lingkungan di Indonesia.

Di akhir acara, Duta Besar RI untuk Hongaria, mendapatkan kehormatan bersama-sama model yang mengenakan busana rancangan Mira Indria dan desainer lain yang berasal dari Rusia, Inggris, Bulgaria, Kenya dan Hongaria berjalan di atas cat walk.@licom