Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Memburu aktor korupsi P2SEM! Kejati Jatim segera keluarkan sprinlid 
Dokter Bagoes saat di bawa ke Kejaksaan Tinggi Jawa Timur beberapa waktu lalu. FOTO: istimewa
HEADLINE JATIM RAYA

Memburu aktor korupsi P2SEM! Kejati Jatim segera keluarkan sprinlid  

LENSAINDONESIA.COM: Kejaksaan Tinggi Jawa Timur berkomitmen mengusut kasus korupsi dana hibah Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM).

Aspidsus Kajati Jatim, Didik Farkhan Alisyahdi menyampaikan, saat ini terus pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap dr. Bagoes Soetjipto Soelyoadikoesoemo, terpidana yang telah ditangkap di Malaysia beberapa waktu lalu.

Pemeriksaan terhadap dr. Bagoes tersebut dilakukan untuk mengusut aktor yang harus bertanggung jawab terhadap kasus penyimpangan dana hibah itu.

“Kami mengusut aktor yang harus bertanggung jawab. Jadi kepastian pengusutan kasus ini terus berlanjut. Kami masih terus melakukan pemeriksaan (pada dr. Bagoes)” ujarnya saat dikonfirmasi lensaindonesia.com di Surabaya, Kamis (18/04/2018).

Sejauh mana pemeriksaan terhadap salah satusaksi kunci korupsi P2SEM itu dilakukan?

Menjawab pertanyaan tersebut, Didik Farkhan menyampaikan bahwa dr Bagoes telah dua kali menjalani pemeriksaan pasca dipulangkan dari Malaysia.

Meski begitu, Didik masih enggan mengungkapkan temuan baru apa yang didapat dari pemeriksaan terhadap dr Bagoes.

“Dr Bagoes sampai saat ini sudah kami periksa sebanyak dua kali,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Maruli Hutagalung, Kepala Kejati Jatim menegaskan, pihaknya secepatnya akan mengeluarkan surat perintah penyelidikan (sprinlid) atas kasus korupsi P2SEM.

Sprinlid itu nantinya akan dijadikan pintu masuk Kejati Jatim dalam menuntaskan kasus korupsi ini.

Tak hanya itu, Maruli juga memastikan akan menindak siapapun yang terlibat dalam kasus korupsi P2SEM.

“Siapapun yang terlibat akan kami tindak, baik dia pejabat tinggi atau siapa saja. Sepanjang ada indikasi kuat, kami akan tindak,” tegas Maruli saat itu.

Untuk bisa menuntaskan kasus P2SEM, Maruli berharap agar dr Bagoes berani blak-blakan membeberkan siapa saja yang menikmati uang hasil korupsi P2SEM. “Mudah-mudahan dr Bagoes akan bicara seperti seorang Nazaruddin. Kan dia (dr Bagoes) kuncinya. Kalau dia ngomong, pasti kasus P2SEM akan jalan,” tegasnya.

Baca Juga:  Dibanderol Rp 856 juta, BMW The all-new 320i Sport melenggang di Jatim

Maruli menambahkan, apapun keterangan dr Bagoes, pihaknya pasti akan menindaklanjuti. Bahkan jika dr Bagoes menyebut nama-nama pejabat terkait, maka pihaknya memastikan tidak akan tebang pilih dalam mengusut kasus P2SEM.

“Saya sudah bilang, kalau korupsi sama saya itu tidak ada tebang pilih. Siapapun yang terlibat dalam kasus P2SEM dan indikasinya kuat, pasti kita tangani,” katanya.

Perlu diketahui, dr Bagoes melakukan korupsi dana P2SEM dengan modus menjadi makelar untuk kampus-kampus di Jatim. Dalam prakteknya, dr Bagoes memakai proposal dan meminjam bendera lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) di beberapa kampus di Surabaya, Malang, Jombang, Ponorogo, dan Sidoarjo.@rofik