Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
UNBK SMP molor dikarenakan server di pusat offline
EDUKASI

UNBK SMP molor dikarenakan server di pusat offline 

LENSAINDONESIA.COM : Sebanyak 17.316 siswa/i mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. UNBK yang dilaksanakan hari ini sedikit ada kendala yakni sempat tertunda empat puluh lima menit akibat server maintenance pusat yang mengalami down mengakibatkan gagal login, Senin (23/04/2018).

Salah satunya, pelaksanaan UNBK di MTsN 3 Jombang yang tertunda kurang lebih satu jam yang diakibatkan gagal login. Namun, dari segi kesiapan baik peralatan maupun mental peserta ujian MTSN 3 Tambakberas sudah dilakukan secara maksimal. “Alhamdulillah, segala persiapan sudah dilakukan dengan maksimal di antaranya membekali siswa/i dengan dengan yediakan Genset 30.000 watt,” Jelas Moch Syuaib Kepala Madrasah MTsN 3 Tambakberas, Jombang.

Selain persiapan fisik materi yang diberikan kepada peserta UNBK siswa/i MTsN 3 Jombang ini juga diberikan materi rohani dengan berdoa bersama sebelum memasuki ruang ujian. “Untuk materi pendidikan sudah berjalan sesuai dengan kurikulum dan juga ada tambahan pendalaman materi, kita juga berikan motivasi dengan berdoa dan istighosah agar selama pelaksanaan ujian diberikan kelancaran dan kemudahan,” bebernya kepada lensaindonesia.com.

Lebih lanjut, Syuaib menambahkan sebanyak 715 siswa/i yang mengikuti UNBK terdiri dari 682 siswa/i MTsN 3 dan 33 siswa/i tambahan dari gabungan sekolah lain yang terbagi menjadi dua sesi pelaksanaan ujian. Sedangkan untuk perangkat ujian sudah dipersiapkan yakni sepuluh ruangan dengan menggunakan 300 unit laptop dan 90 unit PC.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Budi Nugroho membenarkan adanya gangguan sistem dalam pelaksanaan UNBK SMP/MTs yakni diakibatkan server maintenance pusat.

“Iya, tadi pagi langsung dikirim surat oleh pusat yang mengalami offline, sehingga diminta menunggu hingga server aktif lagi,” bebernya.

Jumlah peserta UNBK SMP dan MTS di Jombang sebanyak 17.316 siswa/i dari jumlah keseluruhan total peserta ujian baik UNKP maupun UNBK sebanyak 23.507 siswa/i. Sehingga yang belum UNBK di Jombang Masih 6191 peserta.

Baca Juga:  Istana minta fokus daya saing, agenda riset tumpang tindih di kementerian harus diakhiri

“Untuk itu, kita akan upaya dengan maksimalkan, dan sekarang sudah signifikan, karena kemarin hanya beberapa dan sekarang sudah ada 23 SMP yang UNBK,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Jombang, Abdul Haris mengatakan bahwa untuk Madrasah dibawah naungan kementrian agama sudah melaksanakan ujian nasional Berbasis Komputer.”Dari total jumlah MTs, kita sudah 100 persen dan semuanya melakukan UNBK,” pungkas kepada wartawan saat bersama Pjs Bupati Jombang dalam meninjau UNBK dibeberapa sekolah. @Obi