Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Masyarakat Jawa Timur peduli terhadap pelestarian lingkungan. Salah satunya AccorHotels Regional Jawa Timur yang rutin mendukung program Planet 21.

Di tahun 2018 ini, dengan mengambil tema ‘Acting Here Planet 21’ upaya melestarikan lingkungan dipilih di sekitar garis pantai  dengan menanam 1.000 pohon mangrove di Mangrove Wonorejo, Surabaya.

Sebanyak 100 orang lebih yang terdiri dari karyawan, General Manager (GM) dari 11 hotel di Jatim yang tergabung dalam AccorHotels Regional Jatim dengan menggandeng pelajar sekolah, Komunitas Tunas Hijau melakukan penanaman pohon mangrove di tengah laut di kawasan Surabaya Timur.

11 hotel yang tergabung dalam AccorHotels Regional Jawa Timur diantaranya, Majapahit Surabaya, Novotel Surabaya Hotel & Suites, Novotel Samator Surabaya Timur, Mercure Grand Mirama Surabaya, Ibis Styles Surabaya Jemursari, Ibis Styles Malang dan Ibis Surabaya City Center.

Lalu Ibis Budget Surabaya HR. Muhammad, Ibis Budget Surabaya Airport serta Ibis Budget Diponegoro (belum dibuka).

Perwakilan AccorHotels Regional Jatim m, yakni GM Hotel Gramd Mirama Mercure Surabaya Sugito Adhi mengatakan dengan mengusung tema Acting Here di kawasan mangrove langsung terjun di tengah laut untuk menanam bibit pohon.

“Kami bisa mengetahui langsung bagaimana cara menanam pohon di tengah laut. Nantinya juga untuk membantu kelestarian alam terutama di laut,” katanya, Jumat (27/04/2018).

Menurut dia, secara spesifik juga membantu kelestarian lingkungan yang di Kota Surabaya. “Dengan begitu kami juga membantu wilayah pesisir Surabaya agar tidak terjadi abrasi di laut,” paparnya.

Dengan menggandeng pelajar dan komunitas lingkungan, lanjut Sugito, sebagai bentuk edukasi AccorHotels Regional Jawa Timur untuk terus mengkampanyekan pelestarian lingkungan hidup.

“Di Jatim sudah kali kelima melakukan tanam pohon. Pertama di tahun 2012, tahun sebelum tidak di daerah mangrove tetapi di daerah dataran tinggi seperti Pacet Mojokerto,” jelasnya.

Ditambahkan GM Novotel Samator Surabaya Chairuddin Langkat AccorHotels Regional Jatim juga meningkatkan fokus perusahaan untuk menjaga lingkungan di area hotel-hotel jaringan Accor beroperasi.

“Ini memang inisiatif kami, Planet 21 melaksanakan sosial kemasyarakatan di bidang lingkungan,” katanya.

Namun pada intinya, lanjut Langkat, tujuan utamanya adalah sama, untuk menggalang kontribusi aktif karyawan untuk melaksanakan komitmen Planet 21, dengan dukungan dari pelanggan dan mitra Accor, agar dampaknya berkelanjutan.

Sekedar diketahui, Planet 21 mengacu langsung kepada Agenda 21, sebuah rencana aksi bidang lingkungan yang ditandatangani oleh 173 kepala negara pada Konferensi Tingkat Tinggi Bumi (Earth Summit) di Rio de Janeiro tahun 1992.

Ini mengingatkan semua orang pada masalah penting yang dihadapi planet kita di abad 21 serta keinginan untuk mengubah metode produksi dan cara kita bekerja untuk menjaga kelangsungan hidup planet kita.@sarifa