Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Indonesia siap jadi tuan rumah pertemuan Trump-Kim Jong Un
Global

Indonesia siap jadi tuan rumah pertemuan Trump-Kim Jong Un 

LENSAINDONESIA.COM : Pemerintah Indonesia menyatakan siap jadi tuan rumah pertemuan antara pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Pertemuan itu merupakan tindak lanjut dari kesepakatan damai antara korea Utara dan Korea Selatan menghentikan program nuklir di kawasan semenanjung Korea dan sekitarnya.

Kesediaan dan kesiapan Indonesia itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai melakukan pertemuan dengan Duta Besar (Dubes) Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia Kim Chang-beom dan Duta Besar Korea Utara (Korut) untuk Indonesia An Kwang Il, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/4/2018) siang.

“Kami menawarkan apabila ada rencana pertemuan antara Presiden Kim Jong Un dan Presiden Donald Trump untuk bisa dilaksanakan di Indonesia, kami siap untuk menjadi tuan rumah bagi pertemuan-pertemuan itu,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai bertemu dengan Dubes Kim Chang-beom dan Dubes An Kwang Il dilansir dari

Mengenai jawaban dari Dubes Korut, Presiden Jokowi mengaku belum disampaikan. “Beliau mesti menyampaikan ke sana (Pemerintah Korut) terlebih dahulu,” ucapnya.

Adapun pertemuan Jokowi dengan dubes dua negara merupakan bentuk dukungan hasil kesepakatan damai Presiden Korsel Moon Jae-in dan Presiden Korut Kim Jong Un, di Pamunjom, minggu lalu.

Diketahui dari kedua dubes bahwa akan ada proses tindak lanjutnya, baik nantinya pertukaran keluarga-keluarga yang terpisah, kemudian juga proses-proses dalam pembangunan kantor untuk penghubung dari komunikasi Korea Selatan dan Korea Utara.

Indonesia sendiri, lanjut Presiden, mengundang Korea Selatan dan Korea Utara untuk berpartisipasi secara besar-besaran dalam Asian Games 2018, di Jakarta dan Palembang, Agustus mendatang. @stk/licom

Baca Juga:  Anugrah Ariyadi resmi daftar Bacawawali Surabaya lewat PDIP