Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: SIM card yang tidak diregistrasi hingga Senin (30/4/2018) berakhir, dipastikan hangus dan tak bisa digunakan lagi.

“Karena jadwalnya memang terakhir 30 April, jadi nanti malam mulai jam 00.00 semua tidak aktif lagi. Tidak ada cara lain,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara di kantor Kominfo, Senin (30/4/2018) sore.

Seperti diketahui Pemerintah mewajibkan registrasi ulang SIM card bagi para pengguna telepon seluler hingga 28 Februari 2018 dengan memakai nomor NIK dan kartu keluarga (KK). Namun ditoleransi hingga 30 April.

Ia menambahkan bahwa jika pelanggan lama telah melewati batas akhir pendaftaran kartu, maka jalur registrasi dalam bentuk apapun tidak akan dapat dilakukan. Baik itu melalui SMS ke nomor 4444, lewat USSD, bahkan lewat gerai resmi sekalipun.

“Kalau yang belum registrasi, ya selesai sudah. Nomornya tidak bisa digunakan lagi. Yang sudah ada di sistem (nomor lama) tapi tidak registrasi, selesai sudah. Harus beli nomor baru. Jadi bukan registrasi ulang, tapi registrasi nomor baru. Kalau masih bisa, apa gunanya jadwal hari ini registrasi terakhir,” lanjut Rudiantara.

Registrasi ulang bisa dilakukan melalui SMS ke 444, telepon call center, hingga menu USSD dan laman situs operator. Berikut format SMS registrasi untuk pelanggan baru dan lama:

Pelanggan baru : DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)
Pelanggan lama: ULANG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Pendaftaran lewat SMS hanya bisa dilakukan tiga kali untuk 1 operator yang sama. Jika lebih dari tiga kali, pendaftaran harus dilakukan di gerai pelanggan operator. Pelanggan juga bisa mendatangi gerai resmi operator denan membawa identitas yang sah.

Untuk mengecek apakah proses registrasi ulang telah berhasil atau gagal, pengguna bisa melakukan dengan format berikut:

Telkomsel
https://www.telkomsel.com/cek-prepaid


Hutchison Tri
https://registrasi.tri.co.id/ceknomor

Smartfren
https://my.smartfren.com/check_nik.php

XL
Ketik kode USSD *123*4444# di layar panggilan

Indosat
Kirim SMS ke 4444 dengan format INFO#NIK atau INFO#MSISDN atau INFO#ketik nomor telepon

@kmp/cnn/licom