Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Bukalapak kerja bareng Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menggelar “Pelatihan UKM Goes Digital” di Aula Pondok Pesantren Bahrul Umum yang dihadiri lebih dari 250 orang peserta. Kali ini peserta mewakili santri, civitas akademika dan masyarakat di sekitar pesantren.

Muhammad Isa, Strategic Advisor Bukalapak mengatakan, penetrasi penggunaan internet di Indonesia kini mengubah perilaku belanja masyarakat yang semula masih offline menjadi online, terutama pada pola belanja yang kini model belanja online kian meningkat peminatnya.

“Kami melihat adanya potensi dari para santri dan civitas akademika serta masyarakat di sekitar Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang untuk menjadi pebisnis online. Dengan pelatihan ini, kami berharap ada manfaat untuk perkembangan ekonomi digital di lingkungan pesantren”, tandasnya kemarin di Jombang, Jumat (04/05/2018).

Ia menambahkan, saat ini Bukalapak konsen jalin kerja sama dengan beberapa institusi pendidikan seperti pesantren untuk menyebarkan wawasan  berbisnis di era digital. Kerja sama kali  ini merupakan salah satu rangkaian dari program pemberdayaan ekonomi masyarakat muslim di Indonesia,” jelas Muhammad Isa.

Sementara itu, K.H. Wafiyul Ahdi, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum menyampaikan, pihaknya senantiasa menanamkan semangat kemandirian kepada para santrinya.

“Melalui pelatihan ini, akan mampu menjadikan mereka sebagai pebisnis yang berjualan secara jujur, berkah dan bermanfaat. Adanya kerja sama ini, akan mampu mewujudkan santri yang mandiri berwawasan luas di bisnis di era digital,” tegas KH. Wafiyul Ahdi.

Komunitas Bukalapak kali ini melibatkan salah satu Ranger Komunitas Bukalapak Kediri, Om Rofiul Hadi, untuk berbagi wawasan dan pengetahuan dengan para peserta tentang pentingnya go digital bagi pebisnis yang ingin sukses. Tips dan trik hadapi tantangan dan risiko berbisnis online juga disajikan dalam pelatihan ini yang setelahnya peserta bisalangsung  bergabung menjadi pelapak di Bukalapak serta anggota komunitasnya.@Rel-Licom