Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Presiden Jokowi perintahkan polisi sikat semua pelaku pungli
Presiden Jokowi langsung memerintahkan polisi menindak tegas pelaku pungli usai mendengar curhatan para sopir truk di Istana Negara
HEADLINE

Presiden Jokowi perintahkan polisi sikat semua pelaku pungli 

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo mengaku kaget usai mendengar keluhan sopir truk tentang maraknya pungli dari preman, oknum polisi dan Dinas Perhubungan.

Dalam pertemuan yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/5/2018) itu, sejumlah sopir truk menceritakan tentang nasib mereka yang jadi ‘bulan-bulanan’ tarikan pungli dari preman jalanan dan oknum petugas.

Mereka mengaku diwajibkan membayar sejumlah uang kepada preman apabila melintas di daerah tertentu. Ada juga sopir truk yang mengaku diperas oknum polisi dan Dinas Perhubungan karena kelebihan muatan. Padahal, sopir truk merasa tidak ada aturan yang jelas soal batas maksimal muatan yang bisa diangkut.

Presiden Jokowi usai menerima kehadiran para sopir truk itu mengaku kaget. “Saya bertanya kepada para sopir, ternyata pungli sangat banyak. Ya jelas kaget dong,” ujar Presiden Jokowi kepada wartawan seusai pertemuan itu.

Saat itu juga presiden langsung meminta Menteri Perhubungan Budi Karya dan Wakapolri Komjen Syafruddin yang hadir dalam pertemuan, untuk segera menindaklanjuti keluhan para sopir truk. “Polisi harus tegas menindak para preman pelaku pungli yang selama ini meresahkan. Begitu juga bila oknum polisi atau petugas Dinas Perhubungan yang terlibat. Pokoknya disikat semuanya,” tegas Presiden Jokowi.

Menurutnya, pungli membuat sopir truk tak nyaman saat bekerja dan membuat biaya transportasi logistik menjadi lebih mahal. “Itu yang menyebabkan ongkos transportasi biayanya tinggi. karena ada cost-cost tambahan yang tidak perlu,” pungkasnya. @LI-15