Polisi bersenjata laras panjang menjaga ketat area sekitar Rutan Mako Brimob
Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Lima anggota polisi dan 1 tahanan Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, tewas dalam kerusuhan yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal memastikan adanya 6 korban tewas dalam kerusuhan itu. Masing-masing Bripda Syukron Fadhli, Ipda Yudi Rospuji, Briptu Fandy Setyo Nugroho, Bripka Denny Setiadi dan Bripda Wahyu Catur Pamungkas. Sedangkan 1 tahanan yang tewas adalah teroris asal Pekanbaru, Abu Ibrahim alias Beny Syamsu.

“Kami sampaikan bahwa insiden ini memakan korban jiwa. Lima anggota terbaik kami telah gugur. Sedangkan 1 tahanan tewas saat mengancam dan merebut senjata petugas,” ujar Brigjen Iqbal kepada wartawan di depan Rutan Mako Brimob, Rabu (9/5/2018).

Seperti diberitakan Lensa Indonesia sebelumnya, keributan di Mako Brimob Kelapa Dua, diduga bermula dari persoalan makanan titipan untuk narapidana, Selasa (8/5/2018) malam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono melalui keterangan tertulis menyampaikan, kerusuhan terjadi usai para napi melaksanakan sholat magrib. “Selesai sholat Magrib, ada napi yang menanyakan titipan makanan dari keluarganya. Seorang petugas Tahti (tahanan dan barang bukti) menjawab, titipan makanan dipegang anggota lain,” terangnya.

Napi tersebut tak terima dan mengajak rekan-rekannya di blok B dan C membuat kerusuhan di dalam penjara. “Napi membobol pintu dan dinding sel lalu tak terkontrol dan menyebar ke luar sel,” katanya.

Keributan merembet sampai ke ruang penyidik. Sejumlah polisi yang sedang melakukan pemeriksaan terhadap tersangka kasus pidana menjadi sasaran amukan narapidana.

Hingga Rabu (9/5/2018) malam, puluhan polisi dengan senjata laras panjang lengkap dengan rompi anti peluru, terpantau berjaga di sekitar Rutan Mako Brimob yang dipasangi kawat berduri.

Tidak ada orang lain di area ini, kecuali polisi yang bertugas. Orang yang tak berkepentingan, bahkan wartawan dilarang mendekati area tersebut. @LI-15