Kepala Bidang Area Jawa Timur dan DIY Regional 2 Kementerian Pariwisata RI, Widayanti Bandiyah dan anggota Komisi X DPR RI Suryo Alam menghadiri Bimtek Destinasi Wisata di Kabupaten Jombang. FOTO: Obi-LiCom
Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Kepala Bidang Area Jawa Timur dan DIY Regional 2 Kementerian Pariwisata RI, Widayanti Bandiyah mengatakan, Kabupaten Jombang memiliki banyak potensi wisata.

Menurutnya, Jombang juga merupakan wilayah yang sangat strategis dalam pengembangan wisata alam dan wisata religi dengan destinasi yang cukup baik untuk menarik traveller. Namun, kata Widayanti, potensi wisata tersebut harus mendapat sentuhan dari pemerintah daerah, seperti perbaikan infrastruktur jalan dan fasilitas penunjang lainnya.

“Wilayah tersebut harus disentuh karena mempunyai cukup potensi pengembangan pariwisata diantaranya wisata alam di Kecamatan Wonosalam yang merupakan wilayah pegunungan dan wisata religi di Ponpes Tebuireng (Makam Gus Dur),” beber Widayanti ditemui sela-sela Bimtek Destinasi Wisata Melalui Penguatan Potensi Alam di Jombang, Rabu (09/05/2018).

Banyaknya potensi wisata di Kabupaten Jombang juga diakui anggota Komisi X DPR RI Suryo Alam. Oleh karena itu, potensi besar yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu harus segera diberdayakan.

Politisi Partai Golkar ini pun menyampaikan, bahwa DPR telah menyetujui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pariwisata untuk diberikan ke Kabupaten Jombang.

“Ini merupakan pertama kali setelah sekian lama. DAK Pariwisata Kabupaten Jombang kita setujui dengan besaran tahap awal Rp1,7 miliar dan Dana Dekosentrasi Rp1 miliar total ada Rp2,7 miliar,” jelas Suryo Alam kepada lensaindonesia.com

Menurut Suryo, pengembangan pariwisata di Kabupaten Jombang harus segera ditindaklajuti dan menjadi program prioritas Pemda.

“Wisata ini adalah pemantik, karena dengan pariwisata dapat menciptakan lapangan kerja dan membuka peluang usaha perekonomian masyarakat. Jangan sampai peluang itu hilang, karena banyak support diantaranya kemudahan akses jalan,” pungkasnya.@Obi