Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Pertumbuhan layanan data PT XL Axiata Tbk di kuartal pertama tahun 2018 mencapai 77 persen dari total profit layanan dibandingkan periode yang sama di tahun lalu hanya sebesar 63% berikut mencatat laba bersih sebesar Rp 15 miliar.

Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini menyampaikan, di kuartal pertama 2018 ini, XL Axiata berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 5,5 triliun, meningkat sebesar 4% YoY.

“Hal ini didorong melajunya pertumbuhan layanan data. Inovasi produk dan peningkatan kualitas jaringan data, juga berhasil mendorong pertumbuhan layanan data sebesar 29% YoY di kuartal pertama ini. Hal ini lantaran dari penerapan dual-brand berikut penguatan jaringan secara berkelanjutan termasuk pembangunan jaringan data secara massif di luar Jawa.” tandas Dian dalam keterangan resminya, Rabu (16/08/2018).

Dian menambahkan, pencapaian di kuartal pertama 2018 ini cukup memberikan harapan ditengah persaingan industri, dimana para operator saling bersaing penawaran harga layanan yang kompetitif.

Earnings Before Interest, Tax, Depreciation and Amortization (EBITDA) juga melonja hingga 7% YoY menjadi Rp 2 triliun, dengan marjin meningkat 1% menjadi 36.1%, sebagai hasil dari tumbuhnya pendapatan dan fokhcx perusahaan dalam mengelola biaya operasional.

Pada kuartal pertama 2018 ini, XL Axiata membayar hutang sebesar Rp 1,5 triliun melalui skema refinancing dan semua hutang XL Axiata telah dalam status terlindungi (fully hedged).

Hingga kini, pelanggan XL Axiata yang menggunakan smartphone mencapai 74% dari total pelanggan atau6 sekitar 40,1 juta pelanggan, meningkat cukup signifikan sebesar 28% YoY dibandingkan periode yang sama tahun 2017.@Rel-Licom