Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
60 demonstran Palestina ditembak mati Israel, Kanada serukan penyelidikan internasional
Israel dianggap sangat keterlaluan saat menangani aksi demonstran di Gaza
HEADLINE

60 demonstran Palestina ditembak mati Israel, Kanada serukan penyelidikan internasional 

LENSAINDONESIA.COM: Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menyerukan digelarnya penyelidikan independen terkait tewasnya 60 warga Palestina yang ditembak tentara Israel, saat aksi demo di perbatasan Gaza.

“Kanada meminta penyelidikan independen segera untuk memeriksa secara menyeluruh fakta-fakta di lapangan, termasuk penghasutan, kekerasan dan penggunaan kekuatan militer secara berlebihan,” seru Justin Trudeau seperti dilansir AFP, Kamis (17/5/2018).

Justin Trudeau juga menawarkan bantuan Kanada dalam penyelidikan dan bertekad ikut bekerja sama dengan mitra-mitra dan institusi multilateral untuk menangani situasi serius ini. “Penggunaan kekuatan militer secara berlebihan berikut peluru tajam adalah hal yang tak bisa dimaafkan. Sangat penting agar kita memastikan fakta-fakta tentang apa yang terjadi di Gaza,” tambahnya.

Perlu diketahui, sedikitnya 60 warga Palestina tewas dan ribuan orang lainnya luka-luka dalam bentrokan yang terjadi saat aksi demo besar-besaran di sepanjang perbatasan Gaza dengan Israel pada Senin (14/5) lalu. Aksi demo itu digelar untuk memprotes pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Otoritas Israel berusaha membela diri dengan mengklaim pihaknya melakukan kekerasan karena harus menjaga perbatasan dari upaya sebagian demosntran Palestina yang mencoba menerobos. @dc/LI-15