Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
MTN terbitan PTPN X ditawarkan Rp 500 milyar
Menteri BUMN, Rini M Soemarno bersama Dirut PTPN X Dwi Satriyo Annurogo saat panen perdana kebun tebu rakyat di desa Mojosarirejo. Foto-ist
EKONOMI & BISNIS

MTN terbitan PTPN X ditawarkan Rp 500 milyar 

LENSAINDONESIA.COM: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X terbitkan Surat Utang Jangka Menengah atau Medium Term Notes (MTN) Tahun 2018.

MTN kali ini ditawarkan dengan total keseluruhan nilai pokok sebesar Rp 500 Miliar. Masa yang diberlakukan selama tiga tahun hingga Mei 2021 atas penawaran terbatas.

Dwi Satriyo Annurogo, Direktur Utama PTPN X menyampakan, penerbitan MTN ini jadi langkah strategis keuangan PTPN X untuk alternatif sumber pendanaan bagi perseroan, dan ditunjang proses penerbitan MTN relatif lebih sederhana dan cepat dibanding penerbitan obligasi.

“Kinerja PTPN X Tahun 2017 meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2016, baik di sisi produksi maupun keuangan. PTPN X juga berhasil membukukan diri sebagai produsen gula terbesar dengan kontribusinya 16% dari total produksi gula nasional dengan laba perusahaan (audited) sebesar Rp 64,75 miliar” papar Dwi dalam keterangan resminya, Rabu (23/05/2018).

Dari kinerja positif tersebut, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) melakukan pemeringkatan tahunan atas MTN Tahun 2018 PTPN X dengan hasil BBB (Triple B), artinya PTPN X berkemampuan memadai pada komitmen keuangan jangka panjangnya.

Minat para investor pada MTN PTPN X sangat tinggi. Ini nampak pada kuota investor untuk MTN sudah terpenuhi.

“Kuota investor untuk MTN PTPN X telah terpenuhi. Hal ini menunjukkan kepercayaan investor kepada kinerja dan bisnis PTPN X begitu tinggi,” tandas Dwi.

Tahun 2018 ini, lanjut Dwi, PTPN X menargetkan produksi 397.341 ton gula kristal putih dengan tebu digiling sejumlah 4.951.849 ton.

“Adanya MTN ini nantinya akan membantu operasional dan pengembangan bisnis PTPN X. Sehingga target-target tahun 2018 dapat tercapai dengan optimal,” tegas Dwi.

Perjanjian penerbitan MTN ini ditandatangani di Jakarta oleh PTPN X sebagai emiten bersama dengan BNI Sekuritas selaku arranger dan PT BNI (Persero) sebagai Agen Pemantau. Untuk pembayaran dari investor kepada arranger dilaksanakan Jumat (25/05/2018) mendatang.@Rel-Licom

Baca Juga:  Keputusan Menag 982 tahun 2019 mengundang polemik, ini kata Ketua Harian Halal Institute