Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: PT Hutchison 3 Indonesia mengantisipasi lonjakan trafik momen lebaran Idul Fitri 2018 dengan mengatur kapasitas dan peningkatan kualitas dengan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota.

Terlebih pada layanan data, Untuk itu, provider telekomunikasi bermerek “3” ini mengantisipasi dengan berbagai langkah strategis.

Division Operation Head PT Hutchison 3 Indonesia Zona Jawa Tengah, Jawa Timur dan Batam, Benny Sulakso mengatakan, dengan upaya tersebut pengaturan trafik komunikasi data Tri bisa terfokus.

“Berlakunya sistem ini memudahkan untuk mendongkrak penggunaan internet Tri, perluas dan menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar. Dengan demikian, pengguna Tri bisa mengakses mobule game, instagram, facebook, aplikasi instant messaging aplikasi lebih cepat,” ujat Benny dalam keterangan resminya, Rabu (06/06/2018).

Benny menambahkan, Tri juga menaikkan kapasitas jaringan di 5.300 BTS yakni meliputi 2.500 unit BTS 4G LTE dan 2.800 unit BTS 3G dengan memanfaatkan kanal baru di spektrum 2100 Mhz. Dan total BTS yang dimiliki Tri saat ini 55.000 unit, dan 15.000 diantaranya merupakan BTS 4G LTE.

“Kami juga mengoptimalkan jaringan eksisting, khususnya di sepanjang 2.600 kilometer jalur mudik Jakarta-Surabaya, Jakarta-Merak, Jakarta-Bandung, Bandung-Jogjakarta serta Jalur Pantura dan Selatan,” paparnya.

Peningkatan kapasitas juga dilakukan dengan penempatan mobile BTS di Jawa dan Sumatra yang disebar di jalan-jalan utama dan jalan tol.

“Fokus optimasi layanan juga dilakukan di Points of Interest, di pelabuhan laut, udara, terminal bus, stasiun kereta api, rest area dan daerah-daerah wisata serta pusat keramaian,” terangnya.@Rel-Licom