Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Debat Cagub-Cawagub Jatim malam ini, KPU wajibkan penggunaan bahasa Jawa
Komisioner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro. FOTO: LICOM
HEADLINE DEMOKRASI

Debat Cagub-Cawagub Jatim malam ini, KPU wajibkan penggunaan bahasa Jawa 

LENSAINDONESIA.COM: KPU Provinsi Jawa Timur menggelar debat terakhir yakni Debat III Pilgub Jatim 2018 di Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Sabtu (23/06/2018) malam.

Debat akan disiarkan secara langsung oleh TVone mulai pukul 19.30-22.00 malam. Tema yang akan diusung dalam debat kali ini adalah ‘Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik’.

Moderator adalah presenter Brigita Manohara.

“Kami nanti mewajibkan dua pasangan calon gubernur menjawab pertanyaan berbahasa Jawa di salah satu segmen pada debat publik, sebagai wujud kearifan lokal,” kata Komisioner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro di kantornya, Jumat (22/06/2018).

Menurut dia, debat ketiga atau debat terakhir kali ini disebutnya harus berbeda dari dua debat publik sebelumnya, terlebih debat dilakukan pada hari terakhir masa kampanye Pilkada Jatim 2018.

Selain menghadirkan panelis, pada segmen tanya jawab juga ada pertanyaan dari masyarakat yang telah melalui proses seleksi serta verifikasi.

Panelis pada debat terakhir kali ini yakni Biyanto asal Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Dian Fericha asal IAIN Tulungagung, Andy F Wijaya dari Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang dan Kris Nugroho dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Pilgub Jatim digelar 27 Juni 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dengan nomor urut 1, dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno nomor urut 2.

Pasangan nomor 1 merupakan calon dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor 2 adalah calon dari gabungan PKB, PDIP, PKS serta Gerindra.

Hadi yang merupakan LO Tim Paslon nomor 1 mengaku sudah siap di dalam melaksanakan debat ketiga dengan teman tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Baca Juga:  Komplotan begal digerebek saat asyik pesta sabu, 2 ditembak

“Paslon kami telah menyerap aspirasi di daerah. Solusinya seperti apa nanti akan disempurnakan. Sesi debat ada aturan main, sudah kami pahami dengan baik. Sudah kami sampaikan di tim dan paslon kami,” ujarnya.

Sedangkan, Yayuk LO dari Tim Paslon nomor urut 2 menambahkan masyarakat telah mengetahui visi misi dan program kerja Gus Ipul-Mbak Puti.

“Dan, kami harap masyarakat bisa menentukan pilihannya saat coblosan. Melihat tema debat, Gus Ipul telah berpengalaman sebagai Wakil Gubernur Jatim selama dua periode. Pasangan calon kami siap melakukan debat pamungkas, karena sudah berpengalaman,” pungkasnya.@sarifa