Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Denpasar dan Kuta diguncang gempa 5.0 SR pagi tadi
Ilustrasi
BALI / NTB / NTT / PAPUA

Denpasar dan Kuta diguncang gempa 5.0 SR pagi tadi 

LENSAINDONESIA.COM: Kota Denpasar, Bali, Selasa (3/7/2018) sekitar pukul 09.19 WITA, diguncang gempa bumi dengan kekuatan 5.0 Skala Richter.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Muhammad Taufik Gunawan, mengatakan gempa itu bisa dirasakan warga di Kuta, Denpasar dan Mataram.

Hasil analisis update BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki magnitudo M=4,9. Episenter pada koordinat 9,66 LS dan 115,22 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 110 km dan kedalaman 24 km.

Menurut Muhammad Taufik, gempa bumi di selatan Bali ini berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia. “Hasil analisis mekanisme sumber, menunjukan gempa bumi ini dibangkitkan deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik-mendatar (oblique thrust),” terangnya.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan ataupun korban jiwa akibat gempa bumi tersebut. Hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). “Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu karena gempa ini tidak menimbulkan tsunami,” pungkasnya. @LI-15

Baca Juga:  Menantu Soekarwo dukung Renville Antonio pimpin Demokrat Jatim