Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Besok, KPU Jatim gelar rekapitulasi hasil Pilgub Jatim 2018
Komisioner KPU Jatim Muhammad Arbayanto. FOTO: Sarifa-LICOM
HEADLINE DEMOKRASI

Besok, KPU Jatim gelar rekapitulasi hasil Pilgub Jatim 2018 

LENSAINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur bakal menggelar rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 di Grand City Surabaya pada Sabtu (07/07/2018) besok.

Komisioner KPU Jatim Muhammad Arbayanto mengatakan, jadwal rekapitulasi suara Pilgub Jatim tingkat provinsi ini digelar mulai 7-9 Juli 2018. Ini dilakukan setelah KPU tingkat kabupaten/kota telah 100 persen menyelesaiakan rekapitulasi.

“Semua kotak hasil rekapitulasi dari kabupaten/kota sudah kami terima. Jadi secara umum
tidak ada masalah rekapitulasi di tingkat provinsi. Kami siap menggelar rekapitulasi besok di Grand City dan akan kita mulai pukul 10.00 WIB,” ujar Arbayanto di kantornya, Jumat (06/07/2018).

Ia melanjutkan meskipun ada beberapa persoalan yang terjadi saat rekapitulasi suara di tingkat kabupaten atau kota, namun hal ini tak berimbas di tingkat provinsi.

“Ada memang dinamika persoalan di tingkat kabupaten/kota, tetapi itu hanya berkaitan dengan persoalan-persoalan yang bersifat administratif. Semisal tentang sinkronisasi data pemilih,” tuturnya.

Termasuk penyelenggaraan pemungutan suara ulang (PSU) yang diselenggarakan di beberapa kabupaten maupun kota, juga tidak mengganggu tahapan rekapitulasi suara pilgub di tingkat provinsi.

“Kemarin ada tiga daerah yang menggelar PSU, tetapi itu tidak mempengaruhi tahapan rekapitulasi dan hasil rekapitulasi PSU bisa masuk saat rekapitulasi di tingkat kecamatan. Sehingga rekapitulasi di kabupaten/kota tidak ada kendala,” jelasnya.

Ditambahkan Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, tahapan rekapitulasi provinsi bukan merupakan tahapan penetapan pasangan calon yang menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim terpilih, melainkan masih akan dilakukan pada hari ketiga usai penetapan hasil rekapitulasi suara.

“Sehingga masih ada kesempatan upaya hukum untuk menyampaikan gugatan dalam waktu 3×24 jam sejak kita tuangkan dalam bentuk SK (Surat Keputusan) hasil rekapitulasi suara,” tegas Eko.

Baca Juga:  Melompat dari lantai 5, pengedar narkoba di Surabaya tewas terbentur tangga

Selain itu, dalam acara rekapitulasi tingkat provinsi besok, pihaknya juga telah mengundang tim sukses kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jatim 2018, termasuk mengundang berbagai pihak terkait.

“Kami tidak mengundang paslonnya, tapi hanya tim sukses paslon. Dan, kami juga libatkan pihak keamanan selama kegiatan rekapitulasi nanti,” pungkasnya.@sarifa