Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Pemilik bom Bangil Pasuruan mantan terpidana teroris
Pria terduga pemilik bom yang meledak di Bangil, Pasuruan, Kamis (06/07/2018). FOTO: bbs
HEADLINE UTAMA

Pemilik bom Bangil Pasuruan mantan terpidana teroris 

LENSAINDONESIA.COM: Abdullah alias Anwardi pemilik bom yang meledak di rumah kontrakan di Bangil, Pasuruan, Kamis (06/07/2018) kemarin merupakan mantan narapidana teroris yang pernah menjalani hukuman 5 tahun penjara di Lapas Cipinang, Jakarta Timur.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, Abdullah bahkan sering berkomunikasi dengan napi teroris lainya pada saat dirinya menjalani hukuman di tahuh 2010.

“Hal itu terus dilakukan usai dia menjalani masa hukumannya selama lima tahun. Komunikasi itu dijalin pemilik bom Bangil Pasuruan dengan mengikuti pengajian. Dari alat bukti yang ditemukan dan berbagai alat bukti digital bergaul intim dengan rekan-rekan napiternya dalam suatu pengajian,” kata Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (06/07/2018).

Pengajian tersebut diduga diikuti oleh kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Diungkapkan Iqbal, pemilik bom Bangil Pasuruan itupun dikenal warga lebih suka menyendiri.

“Semenjak pelaku keluar dari lapas banyak menyendiri dan melakukan kegiatan pengajian dengan diduga pengikut jaringan JAD Pasuruan,” kata Iqbal.

Terkait pengajian-pengajian yang berbaiat kepada ISIS itu, lanjut dia, seluruh pemangku kepentingan terkait sudah melakukan sejumlah upaya. Baik hard approach tapi juga soft approach.

“Tidak akan maksimal kita tidak semua bekerja, tokoh agama, BNPT, TNI untuk melakukan soft approach banyak yang sudah kembali, mereka terduga pelaku tapi juga korban dengan pemahaman yang tak sesuai dengan akidah, maka itu ada upaya deradikalisasi,” ujar Iqbal.@LI-13/jp

Baca Juga:  Jokowi-JK jadi saksi, Prabowo, Surya Paloh dan Ma'ruf Amin 'kumpul' di acara pernikahan putra Bamsoet