Trending News

18 Aug 2019
Mau lebih serius perangi narkoba, Gannas: pemerintah harus berlakukan tes urine pelamar kerja
Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2018 secara nasional serentak dan khususnya Di Bali berpusat di KubuTambahan Kabupaten Buleleng.. @foto:hidayat
BALI / NTB / NTT / PAPUA

Mau lebih serius perangi narkoba, Gannas: pemerintah harus berlakukan tes urine pelamar kerja 

LENSAINDONESIA.COM: Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2018 yang jatuh pada 26 Juni dan diperingati internasional setiap tahun merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika. Pasalnya, berdampak bukan hanya buruk terhadap kesehatan, tapi juga perkembangan sosial – ekonomi, serta keamanan dan kedamaian dunia.

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2018 secara nasional serentak dan khususnya Di Bali dipusatkan berlokasi di SMA Bali Mandara, Kecamatan Kubu Tambahan Kabupaten Buleleng. Peringatan berlangsung hari ini (12/7/2018) dihadiri seluruh organisasi Perangkat Daerah Sebagai Provinsi Bali yang selama ini aktif membantu Proses Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan peredaran narkotika (P4GN) di Bali.

Kegiatan ini juga memberikan penghargaan kepada pihak pihak yang selama ini berkontribusi penuh dalam mengawasi bahaya penyalahgunaan narkotika dan melakukan penyuluhan kepada masyarakat Bali. Seperti halnya dilakukan Wakil Bupati Klungkung I Made kasta, Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Organisasi Gerakan Anti Narkoba Nasional (GANNAS), Organisasi GANN, Perbekel desa Girimas Buleleng, Perbekel Sayan Ubud, Perbekel renon, Kepala sekolah SMA dan SMK Bali Mandara, I Ketut madra (penggiat/bendesa adat dari Desa Kedonganan, Badung).

Kepala BNN Provinsi Bali Brigjen Pol Drs I Putu Gede Suastawa, SH menyampaikan bahwa saat ini 800 jenis narkotika baru bermunculan di dunia. Dari jumlah tersebut, 71 jenis masuk di Indonesia, namun baru 68 jenis yang diatur di Permenkes 2017.

“Prevalensi penyalahgunaan narkotika tahun 2017 di Bali menurun 0,4 persen dari tahun 2016, yang populasi masyarakat Bali keseluruhan sebanyak 50.539 orang,” ungkap Kepala BNNP Bali.

Saat ini, lanjut dia, penyalahgunaan narkoba didominasi pekerja swasta dengan usia produktif. HANI adalah momentum untuk mengingatkan masyarakat tentang ancaman narkotika. HANI bukan ulang tahun BNN, namun adalah bentuk keprihatinan dunia, dengan perayaan ini diharapkan menggema ke seluruh dunia.

Baca Juga:  Para Tokoh punya peran penting untuk menciptakan perdamaian dan cegah penyebaran paham radikal terorisme

Sementara itu, Ormas Gannas dan penggiat Bali berharap diperlukan adanya prasyarat Surat Keterangan Bebas Narkoba berikut tes urine harus diterapkan dalam Surat Lamaran Kerja pada setiap instansi pemerintah dan terutama perusahaan swasta.

“Kami berharap adanya Peraturan Daerah yang mengharuskan hal tersebut sebagai upaya preventif penyalahgunaan narkoba di kalangan pekerja swasta,” kata Yusdiana MY, Ketua Gannas Provinsi Bali.

“Kami siap bergandengtangan dengan pemerintah dalam sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di seluruh Bali,” tutur I Made Somya Putra, Kabid Advokasi dan Pelayanan Hukum Gannas Bali. @hidayat

Related posts