Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Hari terakhir pendaftaran caleg, PDIP dan Perindo kisruh di gerbang KPU
Sejumlah caleg dari PDIP terlibat aksi dorong dengan pihak keamanan KPU. (BBCIndonesia)
HEADLINE

Hari terakhir pendaftaran caleg, PDIP dan Perindo kisruh di gerbang KPU 

LENSAINDONESIA.COM: Pendaftaran bakal calon legislatif, Selasa (17/7/2018) di kantor Komisi Pemilihan Umum sempat ricuh. Keributan dipicu oleh para bacaleg dari PDIP dan Partai Perindo yang datang hampir bersamaan.

Awalnya, massa dari PDIP datang lebih dulu ke kantor KPU dengan berkonvoi menggunakan aneka atribut memadati areal kantor KPU. Pihak keamanan KPU kemudian menyatakan hanya bisa menerima enam perwakilan dari massa PDIP.

Kericuhan muncul tatkala mobil Hummer Ketua Umum Partai Perindo, Harry Tanoesoedibjo datang ke kantor KPU. Pihak keamanan mempersilakan rombongan masuk lebih dahulu ke dalam. Hal ini memicu protes caleg dari PDIP yang merasa menerima perlakuan diskriminatif lantaran menganggap datang lebih dulu ke KPU.

Aksi saling dorong pun tak terhindarkan antara pihak keamanan dengan sejumlah caleg dari PDIP seperti Masinton Pasaribu, Adian Napitupulu, Bambang DH dan Arteria Dahlan.

“Partai pemenang masa diperlakukan seperti ini?” kata salah satu perwakilan PDIP di antara kerumunan massa.

Dalam jadwal yang dirilis KPU pagi tadi, setiap partai mendapatkan jadwal berbeda. Perindo dan PDIP, misalnya, dijadwalkan menyerahkan berkas ke KPU pukul 13.00 dan 13.30 WIB. Meski begitu, massa dari PDIP dipersilakan untuk masuk bersamaan dengan Perindo.

Selasa ini adalah hari terakhir pendaftaran bakal caleg tingkat DPR RI untuk pemilu 2019. Terdapat 15 partai politik yang belum mendaftarkan berkas caleg mereka.

Gerindra, Demokrat, dan PPP adalah tiga dari sejumlah partai yang mendapatkan jadwal pendaftaran bakal caleg Selasa (17/7/2018) malam.@licom

Baca Juga:  Tak ada kantor cabang, Grab menuai protes di Jember