LENSAINDONESIA.COM: Kejutan datang dari Kapitra Ampera, pria yang jadi pengacara Imam Besar Front Pembela Islam Rizieq Shihab. Dia menjadi calon legislatif PDI Perjuangan dari Sumatera Barat.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto tidak membantah bila telah mendaftarkan Kapitra bersama 574 caleg lainnya. Dia mengatakan pencalonan Kapitra menampung aspirasi dari masyarakat Sumatera Barat.

“Iya, sebagaimana kami nyatakan, dialog kami dengan masyarakat Sumatera Barat, itu betul-betul memang menghendaki adanya jembatan penghubung dengan PDI-P, sehingga yang bersangkutan dicalonkan oleh PDI-P dari dapil Sumbar,” kata Hasto usai mendaftarkan caleg PDI-P ke KPU, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Hasto tidak mempermasalahkan sikap Kapitra dan Rizieq Shihab yang selama ini kerap berseberangan dengan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya partainya tetap membuka diri kepada siapapun apapun pandangan politiknya terhadap Jokowi.

Namun, pencalegan ini dibantah oleh Kapitra Ampera. Dia menegaskan tak pernah bertemu dengan Hasto untuk membahas pencalonan dirinya sebagai anggota DPR RI.

“Demi Allah enggak. Saya ketemu Hasto seumur hidup saya aja belum pernah,” kata Kapitra.

Ia mengatakan, tidak harus maju sebagai caleg untuk menjadi orang yang bermanfaat. Kalaupun ia harus maju di Pemilu Legislatif 2019, ia harus minta izin dulu ke Rizieq Shihab. “Kalau saya ikut parpol saya harus ikut ulama-ulama, terutama Habib Rizieq Shihab,” ungkapnya. @bbs/licom