Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Kemenangan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pilgub Jawa Timur 2018 disyukuri banyak pihak. Seperti Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem Jatim yang ikut merayakan kemenangan pasangan nomor urut 1 tersebut.

Bappilu Partai NasDem Jatim mengajak ratusan ibu-ibu Muslimat Nahdlatul Ulama Kota Surabaya untuk berziarah ke makam wali lima yang tersebar di Jatim dengan menggunakan bus, Sabtu (21/07/2018) pagi.

Hal ini merupakan bentuk terima kasih atas kerjasama dalam memenangkan pasangan Khofifah-Emil di Jatim, khususnya di Surabaya.

“NasDem sebagai partai yang mengusung pasangan Bu Khofifah-Mas Emil sejak awal mengucapkan terima kasih kepada semua nya yang ikut membantu sehingga Bu Khofifah-Mas Emil bisa meraih kemenangan. Apalagi di Surabaya yang setiap survei selalu diprediksi kalah, tapi ternyata menang. Ini luar biasa, terima kasih Muslimat Surabaya,” ujar Ketua Bappilu Partai NasDem Jatim Ipong Muchlissoni di kantornya Jalan Arjuno Surabaya.

Dengan melakukan ziarah wali lima, yakni memanjatkan doa bagi para waliyullah maka pihaknya berharap agar Allah melancarkan kepemimpinanan Khofifah-Emil selama menjalankan pemerintahan nanti.

“Ziarah ini bagian dari syukur kita dan ikut terus mengawal Khofifah-Emil dengan berdoa di depan makam para wali lima aulia agar Allah mengabulkan doa-doa kita. Yang penting semoga ke depan terus berjalan lancar dan bisa memimpin Jatim sesuai yang dicita-citakan,” tukas Bupati Ponorogo ini.

Rute perjalanan rombongan ibu-ibu Muslimat ini diawali ziarah ke makam Sunan Ampel di kompleks makam di belakang Masjid Ampel, Ampel Dento, Surabaya. Selanjutnya rombongan akan melanjutkan ziarah kedua ke makam Sunan Giri di Giri Kedaton, Gresik.

Rombongan kemudian melanjutkan berziarah ke makam Syekh Maulana Ishaq (ayah Sunan Giri) di Jl. Maulana Ishaq, Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

Selanjutnya perjalanan rombongan akan dilanjutkan ke makam Sunan Drajat yang lokasinya sekitar 2 km sebelah Timur makam Syekh Maulana Ishaq. Ulama bernama asli Raden Qasim Syarifuddin ini merupakan putra kedua dari Sunan Ampel dari istri pertama, Nyi Ageng Manila (sumber lain menyebut Dewi Candrawati, putri Majapahit).

Setelah dari makam Sunan Drajat, rombongan akan ziarah ke makam ulama besar yang menjadi cikal bakal keberadaan para wali di tanah Jawa, yaitu makam Syekh Malana Ibrahim Asmoro Qondi. Dia adalah ayah Sunan Ampel. Makam keturunan kesembilan Rasulullah Muhammad SAW dari garis keturunan putri Sayyidah Fatimah dengan Sayidina Ali R.A. ini terletak di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Sedangkan ziarah wali tersebut akan diakhiri dengan ziarah ke makam Sunan Bonang di Jl. KH Mustain, Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.@sarifa