Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Demplot Pupuk Kaltim dongkrak 30 persen hasil tani Jember
Demplot Pupuk Kaltim berkontribusi signifikan untuk hasil petani di Jember. Foto,-ist
EKONOMI & BISNIS

Demplot Pupuk Kaltim dongkrak 30 persen hasil tani Jember 

LENSAINDONESIA.COM: PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berhasil mendongkrak hasil pertanian di Jember hingga 30 persen.

Keberhasilan tersebut ditopang melalui Demonstration Plot (Demplot) bagi para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani “Tani Makmur” Desa Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.

Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Jember, Sucipto mengatakan, keberhasilan panen tersebut juga tak penggunaan pupuk Urea dan NPK Pelangi produn Pupuk Kaltim dengan pola pemupukan berimbang di atas lahan seluas 1 hektare.

“Melalui demplot dan pendampingan berkala, maka langkah ini pemupukannya cukup membuahkan hasil signifikan,” ujar Sucipto dalam keterangan resminya, Sabtu (21/07/2018).

Ia menambahkan, selain meningkat 30 persen dari biasanya. Tercatat juga ada dua jenis padi dengan hasil maksimal, yaitu varietas Sertani 9 yang mencapai 9,5 ton per hektare dan Logawa dengan 10,6 ton per hektare.

“Dengan peningkatan hasil produksi tersebut, jika dikonversi dalam bentuk Rupiah, maka tiap hektare memiliki selisih peningkatan hasil antara 9 hingga Rp 14 Juta. Di samping itu, penggunaan produk Pupuk Kaltim pun terbilang lebih hemat,” imbuh Sucipto.

Sementara itu, Edy B Susilo menyampaikan, Kabupaten Jember sebagai salah satu kawasan agraris di Jawa Timur dengan hasil pertanian mayoritas penyumbang PDRB (Produk Domestik Regional Bruto), sangat bergantung pada jenis dan pola pemupukan yang sesuai. Untuk itu diwujudkan oleh Pupuk Kaltim melalui demplot bagi Kelompok Tani ” Tani Makmur” dan KTNA Jember, dengan hasil yang nyata, ditunjukkan melalui panen raya padi dan kubis.

“Atas nama Pemerintah Daerah, kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas Demplot yang dilakukan melalui sinergi bersama Pupuk Kaltim di Jember ini. Semoga ke depan upaya ini bisa terus berjalan guna mendorong peningkatan produksi pertanian. Sebab, hasil pertanian di Jember menjadi penyumbang tertinggi PDRB yang mencapai 30 persen,” ungkapnya.

Baca Juga:  Jaga mutu dan pelayanan, PPS Autoshine Salon Mobil raih ISO 9001

Gatoet Gembiro Noegroho, Direktur Komersil Pupuk Kaltim juga menuturkan, dengan demplot ini, merupakan bentuk keseriusan Pupuk Kaltim guna mendorong peningkatan kualitas dan hasil pertanian melalui menyediakan pupuk berkualitas.

“Melalui demplot ini, kami ingin menunjukkan jika produk Pupuk Kaltim berkualitas dan bermutu tinggi. Hasil pun bisa dilihat langsung para petani dengan pola pemupukan berimbang,” kata Gatoet.

Upaya ini pun bentuk komitmen dan perhatian Pupuk Kaltim dalam mendorong kesejahteraan petani menuju swasembada pangan di Indonesia.

“Dengan peningkatan hasil pertanian secara signifikan, secara tak langsung akan meningkatkan kesejahteraan petani kita. Itu salah satu tujuan besarnya,” tutup Gatoet.@Rel-Licom