Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Dibongkar habis, “Saung Koruptor” di Lapas Sukamiskin yang permalukan Menteri Yasona Laoly
Pembongkaran saung-saung di dalam Lapas Sukamiskin. @foto:caca
HEADLINE

Dibongkar habis, “Saung Koruptor” di Lapas Sukamiskin yang permalukan Menteri Yasona Laoly 

LENSAINDONESIA.COM: Heboh saung-sang di dalam Lapas Sukamiskin yang disebut-sebut “Saung Koruptor”, kini titik klimaks. Satgas gabungan Kamtib Inspektorat Jenderal Kemenkumham bersama Divisi Pemasyarakatan  Kemenkumham Jabar melakukan pembongkaran  paksa hingga pemandangannya kembali bersih, Rabu (25/7/2018).

Pembongkaran saung dilakukan  Selasa malam (24/7/2018) itu, dipimpin langsung para pejabat baru pengganti pejabat jajaran Kemenkumham Jabar yang dicopot.  Mereka, yaitu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jabar, Dodot Adikoeswanto, dan (Plt) Kepala Lapas Sukamiskin, Kusnali.

Proses pembongkaran tersebut dilaksanakan mulai pukul 18:00 . Ada 150 personel jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar yang dilibatkan. Mereka dari Divisi Pemasyarakatan, Rutan Bandung, Lapas Jelekong, Lapas Banceuy, Lapas Subang, Lapas Purwakarta

“Saya perintahkan  melakukan penertiban terhadap saung -saung di dalam Lapas Sukamiskin yang biasa gunakan para pengunjung dalam melakukan pembesukan terhadap para WBP,” kata Dodot

Dalam kegiatan itu disiapkan petugas guna antisipasi pengamanan di dalam Lapas. “Kita petugas pemasyarakatan, fungsi kita selain melakukan pembinaan, pengamanan juga melakukan penertiban,” katanya.

Pembongkaran dilakukan dengan merobohkan saung-saung satu persatu sampai bersih. Barang-barang di dalam saung dibongkar akan diangkut keluar Lapas menggunakan mobil bak terbuka.

Dodot mengaku pembongkaran bangunan saung ini instruksi dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly. “Melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Inspektorat Jenderal Kemenkumham bersama jajaran Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat,” ucapnya.

Dengan bersihnya “Saung Koruptor” di dalam Lapas  Sukamiskin ini, tentu publik berharap tidak akan menjadi “kejut panik” aparat bawah akibat heboh terungkapnya sewa menyewa kamar sel istimewa dan mahal yang dihuni para koruptor. Apalagi, ulah jajaran pejabat Lapas Sukamiskin ini sangat mempermalukan Menteri Kemenkumham dan Dirjen Lapas. Saung-saung itu dibangun dengan dana bersumber dari mana juga tidak jelas. Pastinya, saung itu jadi tempat bertemunya para Napi koruptor dan Napi lain saat  dibezuk.

Baca Juga:  5 lokasi bersejarah di Surabaya yang kini menjelma jadi museum

Bersih-bersih terhadap buah tindakan miring aparat Kemenkumham di daerah ini, setidaknya akan mengobati terkikisnya kepercayaan publik terhadap kasus-kasus serupa di dalam Lapas koruptor yang seperti patah tumbuh hilang berganti. KPK pun merasa sia-sia mempertaruhkan nyawa dalam memberantas korupsi, sebagaimana dialami penyidik senior KPK Novel Baswedan yang matanya buta akibat disiram air keras pelaku misterius. @caca