LENSAINDONESIA.COM: Ratusan massa mengatasnamakan sebuah organisasi masyarakat  dan LSM menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani Bekasi Selatan Kota Bekasi.

Ratusan pendemo ini menuntut Pj Walikota Bekasi, Ruddy Gandakusumah untuk meninggalkan Pemkot  Bekasi. Orator aksi berteriak-teriak lewat pengeras suara dengan nama memanaskan telinga. “Pejabat Walikota Bekasi, kami minta untuk hengkang dari bumi Kota Bekasi,” kata orator aksi, H Sa’dad, Kamis, (26/7/2018).

Pernyataan pemimpin demo itu pun disambung teriakan serempak ratusan ormas yang tergabung dalam aliansi Ormas dan LSM. Termasuk, mereka yang mengatasnamakan tokoh masyarakat Kota Bekasi. “Usir, usir, copot dan ganti Pj Walikota. Rebut kembali Kota Bekasi.” kata para pendemo.

Meski suasana di depan kantor walikota terus memanas, Pj Walikota Bekasi, Ruddy Gandakusumah sepertinya bergeming, dan tidak terlihat segera menemui pendemo. Para personel kepolisian yang melakukan pengaman pun siaga ketat membentukan barikade tepat di depan pintu masuk menuju Kantor Pemkot Bekasi. Sehingga suasana kerja pejabat dan karyawan Pemkot seperti tidak terganggung.

Orator juga membacakan tuntutan pendemo. Berikut 10 poin tuntutan mereka.

  1. Pj Walikota Bekasi tidak menjalin komunikasi dengan aparatur dan tokoh agama.
  2. Pj Walikota bersikap arogan terhadap aparatur pemerintah dengan senantiasa mengacam para aparatur bila tidak mengikuti keinginannya. Sehingga, terjadi disharmonisasi antara Pj Walikota dengan aparatur pemerintah.
  3. Pj Walikota menganggap Sekda sebagai musuh yang akan melakukan makar dan tidak menghargai pejabat senior dalam melaksanakan tugas di Kota Bekasi
  4. Pj Walikota Bekasi tak mampu berikan jaminan ke masyarakat yang membutuhkan pendidikqn dengan tidak menambah rombel di SMPN pada saat PPDB Online
  5. Pj Walikota Bekasi tidak pernah adakan monitoring dan evaluasi selama pelaksanaan Pilkada
  6. Pj Walikota Bekasi tidak mengantisipasi dan mencegah terjadinya perang opini, hoax dan mengadu domba warga saat Pilkada dan tidak melakukan koordinasi serta pengarahan ke aparatur yang ada
  7. Pj Walikota mengabaikan keberadaaan tokoh ulama dan agama dengan tidak ikut tarling
  8. Arogansi Pj Walikota Bekasi dengan mempermainkan tokoh agama yang memohon audensi menyampaikan masukan terhadap kondisi dan situasi pemerintah di Kota Bekasi.
  9. Bahwa dengan seluruh situasi terjadi saat ini kami menuntut agar Pj Walikota Bekasi harus mundur dari jabatannya karena tidak mampu membawa Kota Bekasi lebih baik
  10. Kami mendesak Pj Gubernur dan Mendagri untuk mencopot dan segera mengganti Pj Walikota Bekasi Ruddy Gandakusumah. (@sofie).