Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Tahun 2019, warna dasar plat kendaraan ganti putih
Ilustrasi
Global

Tahun 2019, warna dasar plat kendaraan ganti putih 

LENSAINDONESIA.COM: Polri berencana mengganti warna dasar plat kendaraan bermotor yang selama ini hitam jadi putih. Tujuannya, untuk memudahkan kamera CCTV yang tersebar di sejumlah ruas jalan untuk mendeteksi dan membaca nomor polisi di plat nomor.

Menurut Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, Brigjen Halim Pagarra, rencana aturan baru itu sudah sampai tahap revisi serta diskusi bersama dengan pemangku kepentingan terkait. “Kami juga meminta masukan dari pihak-pihak terkait melalui forum diskusi dan sosialisasi,” terangnya.

Hal itu ditegaskan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa yang menyebut pergantian warna dasar plat kendaraan bermotor itu akan dilakukan mulai tahun 2019.

Menurutnya, warna yang ada sekarang ini (dasar hitam) sulit terbaca kamera CCTV. Karena ke depannya sistem tilang dan lain sebagainya bakal memaksimalkan CCTV atau sesuai dengan penegakan electronic law enforcement, maka penggantian itu dianggap sangat perlu untuk hasil lebih baik. “Kemungkinan diganti warna dasar putih seperti negara lain. Tetapi belum diputuskan mengingat masih butuh banyak persiapan secara teknis maupun non teknis,” jelasnya.

Saat ini warna plat mobil yang ada di Indonesia ada beberapa jenis. Hitam untuk mobil pribadi, kuning angkutan umum, dan merah bagi kendaraan dinas milik pemerintah. Sementara warna dasar putih sudah digunakan tapi khusus untuk kendaraan diplomat asing. @LI-15

Baca Juga:  Re-branding, UTS tingkatkan kualitas pendidikan