Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Doyan ‘kretek’ jari? Baca ini dulu sebelum cedera
Ilustrasi
HEADLINE

Doyan ‘kretek’ jari? Baca ini dulu sebelum cedera 

LENSAINDONESIA.COM: Anda pekerja yang sering menggunakan tangan maupun jari? Untuk memberi rasa rileks, terkadang kita tidak sadar membunyikan jari hingga mengeluarkan bunyi ‘kretek’. Dalam bahasa kedokteran, kegiatan peregangan itu biasa disebut knuckel cracking.

Menurut ahli ortopedi, dr Oryza Satria, Sp. OT, knuckel cracking ini aman-aman saja dilakukan asal tidak berlebihan karena bunyi ‘kretek’ yang dihasilkan berasal dari gas di rongga jari. “Menurut penelitian, itu aman saja karena tidak berpengaruh pada nyeri sendi,” jelasnya.

Dijelaskannya, dalam jari terdapat ligamen yang berfungsi menyambung tulang yang satu dengan lainnya. Sebenarnya ‘mengkretek’ jari tak menimbulkan efek apapun karena faktor psikologis lah yang menimbulkan anggapan bahwa meregangkan jari bisa mengurangi pegal akibat beraktivitas.

“Tapi jangan terlalu sering karena dapat mengakibatkan ligamen terluka. Jika terasa nyeri hebat disertai perubahan bentuk pada tangan (memar), segeralah periksakan ke dokter,” pungkasnya. @dc/LI-15

Baca Juga:  BCA kucurkan beasiswa Rp 5,3 miliar untuk 703 mahasiswa