Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Pemerintah Australia beri dana hibah untuk pembeli rumah baru, berapa jumlahnya?
Inilah hasil desain proyek menara hunian baru yang bakal diluncurkan November 2018 mendatang oleh Crown Group. Foto-ist
EKONOMI & BISNIS

Pemerintah Australia beri dana hibah untuk pembeli rumah baru, berapa jumlahnya? 

LENSAINDONESIA.COM: Kebijakan pemerintah Australia kini semakin memudahkan warga negaranya untuk memiliki rumah sendiri. Hal tersebut berlaku pada First Home Owners Grant (rumah baru) memperoleh dana hibah dari pemerintah setempat senilai Rp 105 juta di setiap pembelian rumah baru yang berbanderol hingga Rp 7,5 milyar.

Kemudian untuk pembelian properti/hunian baru senilai hingga Rp 6 milyar, bakal berhak memperoleh dana hibah dengan nilai Rp 105 juta pula.

Iwan Sunito, CEO dan Komisaris Crown Group mengatakan, kenyataan ini bakal mengkondisikan properti di Sydney bakal akan tumbuh hingga persentase satu digit.

“Pasar saat ini menjadi lebih menguntungkan untuk para pembeli hunian pertama dan upgraders bakal jauh dimudahkan melakukan langkah pertama mereka untuk membeli properti mereka sendiri di tengah pasar yang sehat,” ujar Iwan kepada awak media di Surabaya, Selasa (07/08/2018).

Merujuk dari catatan CoreLogic, persentase pembeli rumah pertama telah nampak berlipat ganda dari 7,5 persen di awal 2017 kini menjadi hampir 15 persen di akhir tahun 2017.

Sedangkan data dari Australian Bureau of Statistic (ABS) terkait pembiayaan rumah baru, investornya masih aktif di pasar. Kendati layanan lebih ketat dengan hipotek cenderung tinggi, dari investor tersebut berkontribusi 51 persen dari permintaan hipotek baru, bahkan jauh di atas rata-rata jangka panjang mencapai 37 persen.

Crown kucurkan investasi sekitar Rp 7 triliun untuk proyek baru

Sementara itu, terkait rencana realisasi proyek yang berlokasi di 48 O’Dea Avenue Waterloo bakal diluncurkan November mendatang.

Bagus Sukmana, GM Strategic & Corporate Communication Indonesia Crown International Holdings Group menyampaikan, proyek yang terdiri dari 384 unit apartemen mewah di lima gedung hunian tersebut, di 4 hingga 19 lantai terdapat restoran, kafe dan pertokoan tersebut melibatkan nilai investasi sekitar Rp 7 triliun.

Baca Juga:  30 Negara ramaikan SIAL Interfood 2019 di JIExpo Kemayoran Jakarta

“Menara tersebut rancang oleh arsitek kelas dunia, diantaranya Kengo Kuma, Koichi Takada Architects serta Silvester Fuller yang berbasis di Sydney. Dan mudah-mudahan ground breaking bakal berlangsung di awal tahun 2019 mendatang,” tutur Bagus.@Eld-Licom