Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Robot dan Medcap ITS tarik antusiasme pengunjung Hakteknas 2018
EDUKASI

Robot dan Medcap ITS tarik antusiasme pengunjung Hakteknas 2018 

LENSAINDONESIA.COM:Gelaran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah dibuka, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Riau, Pekanbaru, Provinsi Riau.

Hakteknas tahun ini mengusung tema yaitu Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi yang berlangsung hingga tanggal 12 Agustus nanti. Terdapat beberapa agenda di dalamnya, salah satunya yaitu pameran teknologi Ritech Expo yang diikuti oleh berbagai lembaga pemerintahan, perguruan tinggi di Indonesia dan juga para pelaku industri yang ingin menunjukkan hasil-hasil karya mereka dalam upaya untuk kemajuan bangsa.

Pada Ritech Expo 2018 kali ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membawa tiga karya andalannya yaitu robot menari VI-ROSE dan robot pemadam api ABINARA-1 yang berhasil mendapatkan gelar juara di Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018, bulan lalu di Yogyakarya.

ITS pun turut membawa hasil karya dari penelitian Departemen Teknik Komputer berupa alat simulasi kesehatan Medical Capture (Medcap). Joko Priambodo ST MT salah satu peneliti dan pengembang Medcap menjelaskan, Medcap berfungsi sebagai alat terapi fisiologis pascakecelakaan maupun juga bisa diterapkan bagi pasien yang pernah mengalami gejala stroke.

“Medcap menawarkan serangkaian gerakan melalui alat virtual reality, yang nantinya gerakan tersebut akan memandu pasien untuk membantu proses recovery nya pascasakit,” ujarnya.

Para pengunjung antusias ketika berada di stand ITS yang memang terlihat futuristik dengan robot dan Medical Capture sebagai suguhannya. Terutama para pelajar yang sangat tertarik oleh tiga karya ITS yang dihadirkan tersebut. Mereka begitu menikmati suguhan robot VI-ROSE ITS yang dapat menari dengan diiringi musik remo.

Serta Sella Permata Sari salah satu siswa dari SMK Negeri 1 Pekanbaru menuturkan, ia sangat menikmati ketika bisa mencoba alat Medcap ITS. Baginya medcap menjadi hiburan tersendiri bagi event pameran yang biasanya hanya menyediakan display saja.

Baca Juga:  Dianggap serobot Pelabuhan Marunda, PT KCN ‘kambinghitamkan’ perusahaan induk plat merah PT KBN

“Alatnya sangat menarik dan menyenangkan jika dijadikan alat terapi kesehatan,” tuturnya.

Medcap sebagai alat terapi kesehatan memang banyak menarik minat pengunjung, dikarenakan alat ini memang sudah mengusung teknologi 4.0 yang menggunakan virtual reality sebagai media pendukung proses terapi.

Pada (10/8/2018) besok, gelaran Hakteknas 2018 akan berlanjut pada acara puncak, yang rencananya akan dihadiri juga oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Jokowi nantinya dijadwalkan akan memberikan penghargaan bagi para pelaku Industri, perguruan tinggi maupun lapisan masyarakat yang memiliki hasil karya berupa teknologi yang dapat berguna bagi bangsa Indonesia. @licom