LENSAINDONESIA.COM: Ribuan warga Indonesia tumpah ruah memenuhi Pesta Rakyat KBRI Bandar Seri Begawan, Minggu (19/8/2018). Masyarakat dengan antusias berpartisipasi pada permainan rakyat, bazar, dan panggung hiburan yang digelar di halaman dan parkir belakang KBRI.

Kegiatan yang diadakan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-73 tersebut dibuka secara resmi oleh Dubes RI untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, MA, dengan pemukulan gong yang diikuti dengan senam bersama poco-poco dan SKJ 88 pada minggu pagi.

“Tahun ini kita mengadakan pesta rakyat yang diisi dengan lomba, hiburan dan bazar dari kita untuk kita semuanya. Tidak lupa, kita juga ada sumbangan donor darah dan sumbangan bagi korban bencana di Lombok,” ucap Dubes Sujatmiko dalam sambutan pembukaan pesta rakyat.

“Momen ini juga ingin saya manfaatkan untuk mengapresiasi partisipasi seluruh komunitas Indonesia di Brunei baik di panggung hiburan, permainan dan bazar. Mereka semua rela berkontribusi tanpa dibayar sedikit pun demi memeriahkan Hari Ulang Tahun Indonesia”, lanjut Dubes Sujatmiko.

Layaknya perayaan HUT RI di Indonesia, pagi hari kegiatan diisi dengan lomba tarik tambang, balap karung, bakiak, dan kelereng. Tidak kalah seru, lomba kicau burung dan kompetisi fotografis pula turut menyemarakkan acara. Penyerahan hadiah, termasuk lomba olahraga yang telah dimulai sejak awal Agustus 2018, diberikan langsung oleh Dubes Sujatmiko kepada para pemenang.

Kemeriahan Pesta Rakyat dilanjutkan dengan panggung hiburan yang diisi oleh tarian, nyanyian serta demo karate dan silat oleh berbagai komunitas Indonesia di Brunei. Puas mengikuti permainan dan hiburan, warga dimanja dengan berbagai pilihan kuliner dan produk khas Indonesia di “Bazar Murah”.

“Seumur-umur saya di Brunei, baru kali ini ada pesta HUT RI semeriah ini di KBRI, semoga dapat menjadi agenda rutin KBRI Bandar Seri Begawan”, sahut Budi, salah satu pengunjung yang sehari-hari bekerja di Bandar.

Di penghujung acara, kebanyakan produk bazar laku dibeli oleh para pengunjung.

“Sukses Bu, semua jualan habis, seribu tusuk sate padang, 50 kg ayam dan 25 kg rendang ludes semua. Kalau boleh, saya usul setiap bulan ada bazar di sini,” sahut wakil dari Ikatan Keluarga Minang (IKM) di Brunei.

Sementara di booth ICA (Indonesian Chef Association) dan RADIMS, perusahaan hasil laut dan pertanian, menghabiskan ratusan kilo bahan makanan, termasuk 125 kg ikan, yang dijual dengan harga terjangkau bagi para pengunjung.

Pesta Rakyat juga diisi dengan kegiatan amal melalui donor darah bekerja sama dengan Hospital Raja Istri Pangeran Anak Saleha dan booth donasi bagi korban gempa Lombok. Dalam waktu sehari, kegiatan donasi berhasil mengumpulkan lebih dari 20 juta rupiah dari para pengunjung. Turut serta dalam bazar, promosi program Universitas Terbuka (UT) dari wakil UT Tarakan dan program kejar paket B dan C.

Pesta Rakyat HUT RI ke-73 tahun ini adalah yang pertama kalinya dilakukan oleh KBRI. Kegiatan melibatkan partisipasi 19 komunitas warga Indonesia di Brunei Darussalam serta 13 perusahaan Indonesia dan lokal. Pesta ini juga melibatkan 140 orang pemusik dan penari dari berbagai kalangan warga Indonesia, serta 130 orang peserta bazar. @licom