LENSAINDONESIA.COM: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya akan mendampingi Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku yang berencana membuka departemen Teknik Transportasi Laut.

Permintaan pendampingan ini disampaikan oleh Rektor Unpatti Prof Dr MJ Saptenno SH MHum beserta jajarannya saat melakukan kunjungan ke kampus ITS, Kamis (23/8/2018), di Gedung Rektorat ITS. Saptenno mengatakan, setelah terpisah dengan Provinsi Maluku Utara, Provinsi Maluku sendiri memiliki 1.340 pulau di cakupan wilayahnya sehingga dibutuhkan transportasi laut yang baik dan memadai.

“Hal itu pula yang mendasari kami (Unpatti, red) untuk membentuk dapartemen di bidang transportasi laut,” jelasnya.

Ia menuturkan, sejak lama masalah transportasi laut yang ada di Maluku belum terselesaikan dengan baik, karena belum adanya satu lembaga yang mengkaji secara ilmiah perihal permasalahan ini. “Karena itu dengan adanya program kerja sama dengan ITS ini diharapkan ke depannya masalah-masalah tersebut bisa terselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Departemen Teknik Transportasi Laut ITS Ir Tri Ahmadi PhD menyampaikan, kerja
sama ini merupakan suatu kehormatan bagi departemen Transla ITS karena dipercaya bisa membantu Unpatti dalam membentuk departemen baru Teknik Transportasi Laut.

Pada detail kerja samanya, Tri menyampaikan bahwa ITS akan membantu untuk pembuatan kurikulum, staf pengajar ITS bisa tandem (mengajar bersama) dengan dosen di Unpatti, kemudian fasilitas laboratorium ITS juga bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa Unpatti. Selain itu, mahasiswa ITS juga akan melakukan studi lapangan di Maluku.

“Karena banyak persolaan di Maluku yang sangat spesifik yang tidak ada di Jatim, sehingga pengalaman itu akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa ITS juga,” paparnya.

Kerja sama yang akan dijalin ini merupakan tindak lanjut dari hasil penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh ketiga rektor yaitu Rektor ITS, Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Rektor Unpatti pada November 2017 lalu. MoU tersebut dikhususkan untuk pengembangan bidang pendidikan tinggi di bidang transportasi laut. @licom