Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Catat sejarah! Belum punya lulusan, FK Unusa terakreditasi B
EDUKASI

Catat sejarah! Belum punya lulusan, FK Unusa terakreditasi B 

LENSAINDONESIA.COM: Sebuah sejarah dicatat oleh Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Meski belum memiliki lulusan, fakultas ini meraih akreditasi B.

“Ini kasus pertama, FK belum lulus tapi sudah akreditasi B. Gak ada pernah terjadi di universitas manapun,” ujar Ketua YARSIS, M. Nuh DEA, Sabtu (25/8/2018).

Unusa memang di bawah naungan YARSIS bersama dengan institusi lain seperti RSI Jemursari dan RSI Ahmad Yani Surabaya.

Nuh mencontohkan, FK di Universitas Muhammadiyah Semarang membutuhkan waktu sembilan tahun untuk meraih status akreditasi B. “Ini adalah bukti kekuatan cita-cita. Kalian membuktikannya, yang tak mungkin, jadi mungkin,” kata Nuh kepada civitas akademika yang hadir di acara tasyakuran di Cafe Fastron Kampus B Unusa.

Dekan FK Unusa, Dr. dr. Handayani M.Kes mengaku bersyukur atas pencapaian ini. “Ada effort yang luar biasa karena kami berhasil mendapat akreditasi B,” ujarnya.

Ia menjelaskan alasan kenapa Unusa mampu terakreditasi B meski belum memiliki lulusan sarjana dokter.

“Ada aturan bahwa FK yang berdiri sebelum 2015, punya waktu empat tahun untuk akreditasi. Nah kami ini sebenarnya yang paling akhir. Jadi bukan dipercepat,” jelasnya.

Selain itu, akreditasi ini sebagai bentuk tanggung jawab pada mahasiswa dan orang tua. “Jadi ketika lulus, mereka sudah disertai akreditasi B. Sehingga bisa bekerja atau melanjutkan studi. Jadi ini sekaligus menyelamatkan masa depan mahasiswa kami,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan sertifikat akreditasi ke sejumlah fakultas seperti Prodi Ilmu Gizi, Prodi PGSD dan Prodi Akuntansi. @licom

Baca Juga:  Hebohkan festival di Tease Club, adu “the best” Dj dari Jakarta, Jatim, Jateng, Gorontalo dan Riau