Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Objek wisata Situ Cigangsa di Desa Campakasari, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, kini kondisinya memprihatinkan alias ‘mangkrak’ tidak terawat. Padahal, bila dikelola dan dikembangkan, lahan Situ Cigangsa milik PT Perhutani (persero) ini potensial untuk industri wisata.

Kondisi tersebut, tentu membuat warga sekitar lokasi geregetan. Jika pemerintah daerah mau kreatif dan peduli untuk membuat lapangan kerja maupun meningkatkan perekonomian masrakayat setempat, dipastikan potensi Situ Cigangsa tidak dibiarkan mangkrak berlarut-larut.

“Kalau dikelola baik dari pihak Perhutani maupun Pemerintah (Pemkab) Purwakarta, khususnya Dinas Pariwisata, maka akan jadi objek wisata yang unik. Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota (Purwakarta),” ucap Asep, mewakili warga Campakasari.

Kepala Asper Perhutani, Mursyid mengakui, pengelolaan rutin masih dilakukan pihaknya. Namun, untuk meningkatkan menjadi obyek wisata yang bagus, saat ini pihaknya masih mencari investor yang mau untuk mengelola atau mengembangkan.

“Untuk mengembangkan Situ Cigangsa, jujur kami masih mencari investor, karena semua itu soal biaya. Konsep kami sudah ada, tapi itu semua harus clear dengan konsep investor,” ujarnya.

Ia meminta pihak dinas terkait, agar merilik Situ Cigangsa yang berada tidak jauh dari pusat kota. Karena sampai sekarang, Dinas Pariwisata sama sekali belum menyentuh situ tersebut.

Walau begitu, pihak Perhutani terus mencari investor agar menjadi sebuah tempat wisata, namun belum ada yang tertarik. Mursyid menilai Situ Cigangsa ke depan bisa menjadi tempat wisata kuliner maupun edukasi. Sebab, di sekeliling Situ Cigangsa sudah mulai dimanfaatkan sekelompok komunitas motor trial untuk menyalurkan hobi.

“Saya bukan tidak mengharapkan kepada dinas terkait untuk mengembangkan Situ Cigangsa. Saya lebih mengharapkan ada investor. Kami berharap Pemkab dan Dinas Pariwisata bisa mendorong. Intinya, kami tidak diam untuk menjadikan Situ Cigangsa sebagai tempat wisata yang layak dikunjungi,” pungkas Mursyid. @Rony.