LENSAINDONESIA.COM: Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ni Made Sri Astri Astutik, tuntut ringan Rio Fandi Saputra dan Chusnul Robiansyah terdakwa pengguna narkoba dengan tuntutan super ringan.

Dalam tuntutannya, Jaksa Ni Made menjelaskan bahwa terdakwa terbukti bersalah menyimpan dan menguasai narkoba golongan I (sabu) seberat 0,3 gram tanpa hak sebagai mana diatur dalam pasal 112 ayat I UU RI no 35 tahun 2009.

“Terdakwa terbukti bersalah menyimpan dan menguasai narkoba golongan I tanpa izin, dan menjatuhkan pidana selama 1,5 tahun penjara,” terang Jaksa Ni Made dalam membacakan tuntutan.

Ketua Majelis Hakim Unggul Warso Mukti juga kompak dengan masih memotong dan menjatuhkan putusan pidana 1 tahun penjara, setelah terdakwa memelas minta keringanan. “Menimbang dan setelah mendengar keterangan saksi-saksi, terdakwa terbukti bersalah menguasai Narkoba golongan I bukan tanaman (sabu),” terang Hakim Unggul.

Adapun yang memberatkan, Unggul menyatakan kedua terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan Narkoba. “Terdakwa telah menyesali perbuatannya dan tidak akan mengulangi lagi. Setelah melakukan musyawarah, menjatuhkan pidana selama 1 tahun penjara,” tambah Hakim Unggul.

Atas putusan ringan tersebut, kedua terdakwa langsung menyatakan menerima.” Saya terima pak Hakim,” ucap terdakwa dan hal senada diungkapkan Jaksa Ni Made.

Perlu diketahui, terdakwa Rio Fandi Saputra dan Doni Setiawan (berkas terpisah) ditangkap petugas Reskrim Polsek Pakal, Sabtu (14/4/2018) sekitar pukul 22.30 WIB di Jl Kaliondo, sepulang membeli sabu di Jl Kunti Surabaya.Polisi yang melakukan penggeledahan menemukan barang bukti 0,3 gram digenggaman Rio Fandi Saputra.

Dari penangkapan tersebut, petugas mendapat keterangan dari keduanya bahwa mereka akan melakukan pesta sabu bersama terdakwa Chusnul Robiansyah yang kemudian ditangkap di rumahnya Jl Lidah Wetan.

Namun anehnya, Jaksa Ni Madi Astri Astutik dari Kejari Tanjung Perak memisahkan berkas terdakwa Rio Fandi Saputra dan Doni Setiawan yang ditangkap bersamaan seusai membeli sabu di Jl Kunti. @rofik