Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Siap adukan Jokowi, masyarakat Bekasi terancam bahaya air PDAM tercemari limbah industri Bogor
Kali Bekasi tersemar limbah industri dari Bogor. @foto:sofie
HEADLINE

Siap adukan Jokowi, masyarakat Bekasi terancam bahaya air PDAM tercemari limbah industri Bogor 

LENSAINDONESIA.COM: Komisi III DPRD Kota Bekasi ‘angkat tangan’ menghadapi pencemaran Kali Bekasi yang hingga  saat ini masih sulit dibendung. Akibatnya, air baku PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi tidak berproduksi. Diprediksi mengalami kerugian besar jika dibiarkan berlarurt-larut.

Pantauan LensaIndonesia.com, kondisi air Kali Bekasi berbau menyengat tak sedap. warga yang melintasi  bantaran Kali Bekasi pun engeluh terganggu. Air sungai terlihat hitam akibat tercemar limbah industri yang cukup serius.

Komisi III DPRD Kota Bekasi mengagendakan segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) tentang baku mutu air PDAM.

Menurut Ketua Komisi III Komar, DPRD Kota Bekasi akan menyelidiki pencemaran itu. Masalahnya terdapat di hulu kali, akibat pembuangan limbah pabrik di wilayah Kabupaten Bogor.

“Kami tidak bisa berbuat banyak, karena masalahnya ada di Kabupaten Bogor. Saya sudah pegang bukti videonya bahwa memang pabrik disana yang mencemarkan limbah ke Kali Bekasi,” ungkap Komar hari ini (29/8/2018).

Komar mengaku, komisinya setelah bertemu direksi PDAM, berencana menangani soal baku mutu sir PDAM.  “Kami usulkan pembentukan Panitia Khusus(Pansus) tentang baku mutu air PDAM. Nantinya Pansus ini akan berusaha menjamin kelayakan air baku tersebut. Kami akan bersurat dengan Kementerian PU, Kementerian LH, serta Gubernur Jawa Barat,” tandasnya.

Jika langkah itu tetap tidak berhasil, maka Komar meminta Presiden Jokowi turun tangan mengatasi masalah ini. “Karena ini menyangkut hajat masyarakat banyak, maka Presiden Jokowi harus turun. Kami ingin Kali Bekasi diperhatikan layaknya Sungai Citarum,” tegas Komar degan nada mengancam.

Akibat kondisi Kali Bekasi yang menghitam dan bau, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Patriot Kota Bekasi pun sempat tidak produksi. Bahkan, PDAM me-‘warning” kondisi ini menurunkan omzet BUMD Kota Bekasi ini.

Baca Juga:  Sidang pengusaha serobot tanah rakyat 20Ha, 5 Kades akui jual ke Puskopkar Jatim

“Bagaimana bisa berproduksi jika air baku yang mereka dapatkan dari Kali Bekasi tidak lagi memungkinkan untuk diolah dan dialirkan ke 31 ribu pelanggan,” katanya.

Komar menyampaikan jika masalah Kali Bekasi tidak kunjung diselesaikan, maka hal itu akan membahayakan masyarakat Kota Bekasi, khususnya mereka yang berlangganan di PDAM Tirta Patriot.

“Ada 31 ribu pelanggan. Itu artinya kalo kita asumsikan satu saluran digunakan 4 orang, maka ada ratusan ribu orang yang terancam bahaya air ini. Bisa kena penyakit kulit dan sebagainya,” tukas Komar. @sofie