Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Disbudpar Kota Malang diminta gelar festival kuliner bertaraf internasional
Plt Wali Kota Malang, Sutiaji (hitam) saat membuka Pucuk Coolinary Frstival 2018 di Lapangan Rampal Kota Malang, Sabtu (01/09/2018). FOTO: Aji-licom
HEADLINE LIFETREND

Disbudpar Kota Malang diminta gelar festival kuliner bertaraf internasional 

LENSAINDONESIA.COM: Dinas Kebudayaan dan  Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang diminta menggelar festival kuliner bertaraf internasional. Permintaan itu disampaikan Plt Wali Kota Malang, Sutiaji saat membuka Pucuk Coolinary Frstival 2018 di Lapangan Rampal Kota Malang, Sabtu (01/09/2018).

“Festival-festival kuliner perlu ditingkatkan  terus. Saya minta Disparbud bersama Teh Pucuk Harum bisa menggelar festival kuliner bertaraf internasional,” kata Sutiaji.

Menurut dia, jika saat ini masih berlevel lokal, nanti harus ditingkat. Itu bisa menjadi tingkat nasional lalu bertaraf internasional.

Alasannya, festival yang diikuti 107  usaha mikro kecil menengah (UMKM) itu bisa mengangkat ekonomi rakyat. Lewat festival itu kata dia, akan mampu mengembangkan dunia usaha kuliner.

Dijelaskan dia, bila usaha kuliner merupakan satu di antara  empat subsektor ekonomi kreatif. Sehingga, menjadi wisata kuliner  yang kini dikembangkan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Kota Malang.

Makanya, tandas dia, kehadiran festival tingkat regional di Kota Malang kali ini diharapkan bisa menjadi pelecut semangat bagi pengusaha kuliner untuk terus bersaing  Sehingga bisa meningkat ke level nasional bahkan internasional.

“Untuk ekonomi kreatif, Kota Malang ini dipercaya untuk mengembangkan empat subsektor, termasuk di dalamnya adalah kuliner. Itu karena potensinya cukup besar. Sebagai kota pendidikan dan wisata, di Malang ini banyak mahasiswa serta  wisatawan yang butuh wisata kuliner,” kata Sutiaji.

Makanya, dia menegaskan bila festival kuliner harus berkembang dari tahun ke tahun. “Jika saat ini jangkauannya masih regional Kota Malang dan Batu, maka nanti harus menjangkau tingkat nasional dan internasional,” tutur dia.

Karena itu, Plt Wali Kota Malang ini mengapresiasi adanya festival kuliner ini. Dia berharap hal itu mampu membangkitkan daya inovasi dan kreasi para pelaku usaha kuliner sekaligus bisa mengerek roda perekonomian khususnya di sektor ekonomi kreatif.@aji

Baca Juga:  Mapolrestabes Medan diserang bom bunuh diri