Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Aneh, Pj Gubernur Jabar paksakan lantik Pj Walikota Bekasi ke-2 masa kerja hanya 20hari
Pejabat (Pj) Wali Kota Bekasi baru, Toto Muhammad Taha (kanan) dan Pj Wali Kota sebelumnya, Ruddy Gandakusumah . @foto:spfie
HEADLINE PROOTONOMI

Aneh, Pj Gubernur Jabar paksakan lantik Pj Walikota Bekasi ke-2 masa kerja hanya 20hari 

LENSAINDONESIA.COM: Pejabat (Pj) Wali Kota Bekasi baru, Toto Muhammad Taha pada Minggu (2/9/2018) ini baru dua hari menjabat di Kota Bekasi. Kehadiran Toto menggantikan Pj Wali Kota sebelumnya, Ruddy Gandakusumah,  memunculkan banyak spekulasi. Pasalnya Walikota Kota Bekasi jelang dilantik tinggal hitungan hari, Pj Walikota sudah ganti baru.

Sesuai jadual, walikota terpilih akan dilantik pada 20 September 2018. Pj Wali Kota Toto Muhammad

resmi dilantik oleh Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar),  Mochamad Iriawan di Gedung Sate, Bandung, Jumat lalu (31/8/2018).

Praktis, masa kerjanya bakal menjadi Pj Walikota tersingkat di Indonesia, yaitu hanya 20 hari karena harus berakhir 20 September 2018.

Pj Gubernur Jawa Barat, M Iriawan, menampik alasan pencopotan Ruddy karena desakan berbagai pihak. Dia menyebut menarik Ruddy Gandakusumah sebagai Pj Walikota Bekasi agar yang bersangkutan fokus pada jabatannya sebagai Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Barat.

“Saya butuh dia diposisi Kesbangpol, karena ternyata buat saya posisi itu sangat penting sekali,” ujar Iriawan.

Ruddy sendiri nampaknya memang tidak begitu kaget dengan keputusan dirinya dihentikan. Pasalnya, dalam beberapa kesempatan, Ruddy kerap menyinggung tidak dapat memastikan posisinya aman hingga waktunya berakhir.

Pada saat memimpin apel bersama aparat di Plaza Walikota Bekasi, contohnya, Ruddy bahkan sudah mengenakan baju uniform PNS Jawa Barat. Dia sepertinya sudah tahu akan diganti, sehingga menggenakan busana bukan seragam Pj Walikota Bekasi.

Rasyidin, staf khusus Ruddy juga sudah pamitan di grup medos dan menyampaikan maaf dari pimpinannya.

Pelantikan ini menyisakan banyak masalah yang masih menggantung. Seperti laporan akhir ombudsman terkait penghentian pelayanan publik. Ombudsman  memberi waktu 30 hari untuk memberikan sanksi pada aparat yang dinyatakan bersalah.

Baca Juga:  Otoritas Bandara III kampanye keselamatan penerbangan sipil di CFD Taman Bungkul

Penugasan Ruddy ke Bekasi juga mewariskan masalah yang berujung pelaporan Ruddy atas Sekda Rayendra saat itu ke Bareskrim Polri.

Pelantikkan Pj Walikota Bekasi yang baru  berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor : 131.32-5801 Tahun 2018 tentang pemberhentian Pejabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Acara pelantikan Pj Wali Kota Bekasi baru pun nampak dihadiri oleh seluruh pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi meliputi para kepala dinas, camat, lurah, dan  Plh. Sekretariat daerah (Setda) Pemkot Bekasi.

Ruddy Gandakusumah pun digantikan secara terhormat dan kembali ke posisi jabatannya semula sebagai Kepala Kesbangpol Provinsi Jabar.

Sedangkan Ir Toto M Taha yang merupakan Kepala Badan (Kaban) Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah II Jawa Barat menjadi Pj Wali Kota Bekasi hingga dilantiknya Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih pada 20 September 2018 mendatang. @sofie