Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Holcim bidik peluang pulihkan kinerja, capai pertumbuhan semester pertama
EKONOMI & BISNIS

Holcim bidik peluang pulihkan kinerja, capai pertumbuhan semester pertama 

LENSAINDONESIA.COM: PT Holcim Indonesia Tbk mengumumkan kinerja keuangannya untuk periode semester pertama tahun 2018.

Capai pertumbuhan penjualan di semester pertama tahun ini, Presiden Direktur Holcim Indonesia, Gary Schutz mengatakan, bahwa pertumbuhan ini didorong tren pasar yang membaik. Bagi Holcim, ini merupakan bukti konkret strategi jitu memperkenalkan solusi-solusi inovatif kepada masyarakat.

“Kami juga menghargai upaya Pemerintah untuk melanjutkan pembangunan di seluruh wilayah negara, yang diharapkan akan mendorong potensi-potensi baru bermunculan seperti pada sektor perumahan, komersial, serta sarana dan pra sarana umum,” jelasnya.

Konsumsi semen nasional tercatat mengalami peningkatan hingga 30 juta ton pada semester pertama tahun 2018, atau naik 3% jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Capaian ini juga dipengaruhi peningkatan penjualan selepas masa libur Lebaran yang jatuh lebih awal dibandingkan tahun lalu.

Holcim mencatat peningkatan volume penjualan semen dan klinker sebesar 5.9% menjadi Rp 4,452 milyar pada enam bulan pertama tahun ini. EBITDA Operasional turun menjadi Rp 233 milyar karena beban dari kenaikan biaya energi untuk produksi per ton semen.

Kedepan, Holcim menargetkan peningkatan harga jual dan pertumbuhan hingga 6% seiring membaiknya kondisi pasar, dengan kemudahan kredit yang akan mendorong sentimen positif kepemilikan properti dan kebutuhan semen.

Perkuat nilai dan keunggulan produk dengan kantong semen baru

Holcim memperkenalkan kemasan baru PowerMax; produk semen yang diformulasikan secara khusus untuk pekerjaan struktural dan beton. Hadir dengan warna berbeda, kemasan baru ini menampilkan kualitas dari PowerMax yang mampu menghasilkan
struktur bangunan 15% lebih kuat, waktu kerja 30% lebih cepat dan hasil akhir dengan kualitas 100% terbaik.

Saat ini, iklan terbaru produk PowerMax juga dapat disaksikan di siaran televisi nasional.

Baca Juga:  Dihadiri Gus Miftah, ribuan warga Jombang saksikan Tabligh Akbar dan Ikrar Damai Pilkades Serentak 2019

PowerMax didesain secara khusus untuk pekerjaan konstruksi struktur bangunan dan campuran beton. Diformulasikan dengan butiran Micro Filler Particle dan Strength Agent, membantu aplikasi lebih mudah, mempercepat pekerjaan, hasil bangunan yang lebih kuat dan tahan lama.

Saat ini, produk PowerMax tersedia di beberapa area di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan akan terus ditingkatkan distribusinya di seluruh pulau Jawa.

Presiden Direktur Holcim Indonesia, Gary Schutz mengatakan bahwa dalam persaingan pasar semen yang semakin kompetitif dimana segala sesuatunya harus memberikan keunikan dan perbedaan. “Kami ingin lebih memperjelas keunggulan yang ditawarkan dalam setiap produk Holcim untuk membantu pelanggan membangun lebih baik dan efisien dalam jangka panjang,” katanya.

“Dengan kemasan baru dan kualitas yang diberikan pada produk PowerMax, akan mempermudah pemilik toko menjelaskan keunggulan produk dan memberikan solusi tepat kepada para pelanggan sehingga lebih hemat biaya untuk berbagai kebutuhan pembangunannya,” tambahnya.

Ringkasan perbandingan (kinerja semester pertama – tidak diaudit):

Dalam milyar      Smt I-30 Jun 2018         Smt I-30 Jun
Rupiah                 2018 (tdk diaudit)        2017 (tdk diaudit)
Penjualan            4,452                           4,288
Laba bruto          537                              622
Marjin lab bruto   12.1%                         14.5%
EBITDA opr         233                              367
Rugi opr              (124)                           (153)
Rugi bersih          (539)                           (436)

Baca Juga:  Menpora Kabinet Kerja Jilid II diharap dongkrak prestasi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

*Termasuk laba atas penjualan aset tetap senilai Rp 123 milyar (2017: rugi atas penjualan aset tetap senilai Rp 8 milyar). @licom_03