Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Yani Al Rofiq (35) warga Jl Kupang Panjaan II, Surabaya, Rabu (12/9/2018) pagi, dihadiahi timah panas di kaki kanannya oleh petugas Unit Reskrim Polsek Tegalsari. Jambret spesialis penumpang ojek online itu ditembak karena nekat melarikan diri saat akan dibekuk.

Informasi yang dihimpun Lensa Indonesia, Yani selalu menenggak miras sebelum beraksi mencari mangsa. Pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB, pria yang badannya penuh tatto ini mencari sasaran penumpang ojek online di kawasan Jl Raya Diponegoro.

Kapolsek Tegalsari Kompol David Trio Prasojo mengatakan, tersangka merupkan spesialis jambret Hp, dengan sasaran orang yang lengah dan utamanya merupakan penumpang ojek online. “Saat melihat calon korban memainkan ponsel, tersangka langsung memepet dan merampasnya,” terangnya didampingi Kanit Reskrim Iptu Zainul Abidin.

Kompol David mejelaskan lebih lanjut, driver ojek online yang mengetahui penumpangnya dijambret, langsung melakukan pengejaran hingga di Jl Kartini. “Pengendara ojek online mengejar dan menabrak tersangka dan mereka jatuh bareng. Warga yang mengetahui sempat menghajar pelaku yang berusaha kabur naik atap rumah warga,” tambahnya.

Iptu Zainul Abidin menambahkan, petugas kring serse yang menempati sejumlah titik dan kebetulan ada di sekitar lokasi, langsung membantu warga untuk berusaha meringkus pelaku.

“Saat kami melakukan pengamanan tersangka dari amukan massa, tersangka malah melarikan diri melompat ke atas atap rumah warga,” ungkapnya.

Tersangka yang tak menggubris tembakan peringatan petugas, akhirnya tumbang setelah kaki kanannya dijebol peluru. “Dengan sangat terpaksa, kami harus menghentikan dengan tembakan terukur ke kaki kanannya,” pungkas Iptu Abidin.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti satu unit ponsel milik korban dan motor Yamaha Mio putih L 6931 FN yang dijadikan tersangka sebagai sarana.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dan diancam hukuman 9 tahun penjara. @rofik