Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: JOOX, aplikasi streaming musik gratis di smartphone, menggelar ajang pencarian bakat menyanyi digital bertajuk JOOX Karaoke Superstar.

Bekerjasama dengan Warner Music Indonesia, kompetisi yang dilakukan di fitur karaoke dalam aplikasi JOOX ini dimulai sejak 10 September 2018 hingga babak grand final padA 31 Oktober 2018 untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3.

Benny Ho selaku Senior Director of Business Development Tencent International Business Group yang mengelola JOOX di Indonesia, mengatakan, bahwa kompetisi ini diadakan untuk mengajak sebanyak mungkin masyarakat Indonesia menjajal kemampuan dalam mengeksplorasi passion bernyanyi, dan meraih kesempatan menjadi seorang superstar.

Ini menjadi peluang bagi JOOX yang di akhir tahun 2017 meluncurkan fitur Karaoke untuk menambah keseruan experience para pengguna, bahkan mendapatkan antusiasme yang sangat besar hingga kini.

“Ada ratusan ribu orang yang berpartisipasi di setiap kompetisi karaoke mingguan yang kami adakan. Berkaraoke di aplikasi JOOX telah menjadi kegiatan favorit selain mendengarkan musik karena dapat membantu seseorang dalam menyalurkan passion bermusik mereka dengan bernyanyi,” ujar Benny Ho kepada Lensaindonesia.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Hal ini pula yang melatarbelakangi kami untuk pertamakalinya menggelar ajang kompetisi menyanyi digital JOOX Karaoke Superstar yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Toto Widjojo selaku Managing Director Warner Music Indonesia, mendukung ajang pencarian bakat penyanyi digital karaoke.

Menurutnya, ajang ini merupakan salah satu media yang tepat untuk menemukan bakat bermusik seseorang. Oleh karena itu, pemenang utama, Toto berjanji akan memberikan kesempatan mengembangkan passion bernyanyinya ke arah yang lebih serius untuk menjadi superstar dengan menandatangani kontrak bersama Warner Music Indonesia.

“Kita tidak melihat orang itu cakep atau buruk. Yang dinilai adalah suara yang bagus dan nyanyinya di JOOX,” ungkap Toto.

Untuk meningkatkan bobot kualitas kompetisi ini dewan juri selain dari JOOX dan Warner Music Indonesia, juga ditampilkan penyanyi terkenal yakni Sandhy Sondoro, Tantri Syalindri Ichlasari “Kotak” dan Ibrahim Imran (Baim) yang akan memoles para peserta menjadi penyanyi superstar.

Kompetisi JOOX Karaoke Superstar ini sendiri terbagi menjadi 6 tahapan di mana JOOX berkolaborasi dengan FremantleMedia dalam menetapkan sistem kompetisi serta memproduksi konten selama kompetisi.

Pada seleksi awal, semua peserta wajib masuk ke dalam arena fitur karaoke JOOX, dan bernyanyi sebanyak mungkin. Selanjutnya, akan dipilih 1.500 peserta dalam tahap eliminasi pertama yang memperoleh votes tertinggi. Lalu akan disaring 200 peserta terbaik di tahap eliminasi kedua berdasarkan kualitas suara yang dinilai oleh tim juri yaitu para mentor, JOOX, Warner Music Indonesia dan votes.

Dengan metode penilaian yang sama, akan disortir 60 peserta terbaik pada tahap eliminasi ketiga. Selanjutnya, 15 semifinalis ini akan bernyanyi secara live di hadapan para juri dan mentor pada babak semifinal pada 24 Oktober 2018 untuk menentukan 6 orang finalis.

Para finalis akan berkompetisi di babak grand final pada 31 Oktober 2018 untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3.

“Melalui JOOX Karaoke Superstar ini semoga dapat menjadi medium kekinian untuk mengekspresikan passion bermusik seseorang dengan bernyanyi. Memukan talenta-talenta baru yang berkualitas dalam industri musik, membantu mereka lebih dikenal dan didengar khalayak luas, serta menjadi inspirasi bagi yang lain,” tutur Benny Ho. @Rudi